Pemanfaatan Lahan Kosong Sekolah Sebagai Taman Toga

Asih Utami

Abstract


Sekolah merupakan tempat menuntut ilmu yang harus diperhatikan kenyamanan dan keindahannya. Kondisi tanah di Kalimantan yang pada umumnya tanah gambut membuat orang malas untuk mengolahnya karena butuh perawatan dan penanganan khusus. Hal ini juga terjadi di lahan sekolah yang bertanah gambut. Seperti yang terjadi di SMPN 5 Katingan Hilir. Sebagian lahan yang tidak didirikan bangunan dibiarkan kosong bahkan tidak jarang menjadi hutan liar jika jarang dibersihkan. Padahal lahan kosong sekolah sangat potensial untuk diperdayakan menjadi tanah yang produktif mengingat banyak sumber daya manusia di lingkungan sekolah seperti siswa dan guru. Dengan kondisi tersebut, penulis melakukan pengabdian dengan memberikan pelatihan kepada guru dan murid di SMPN 5 katingan Hilir dalam mengelola lahan kosong sekolah menjadi taman toga. Hasil capaian pengabdian masyarakat ini adalah terbentuknya taman toga di SMPN 5 Katingan Hilir atas partisipasi aktif siswa,guru dan kepala sekolah. Program taman toga di SMPN 5 Katingan Hilir ini akan terus dikembangkan meskipun kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan telah selesai.


Keywords


lahan kosong; tanaman obat; katingan hilir

References


Ai, D. 2014. Karakteristik Lahan Gambut (Panduan Pengelolaan Berkelanjutan Lahan Gambut Terdegradasi).

Suprinto & Hakim, M.S. 2014. Penyuluhan Penanaman dalam Polybag. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Vol.3 No.3 Hal 159-163 pp.




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i1.6927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Asih Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: