Profil Artikel Ilmiah Hasil Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guru Biologi SMA Se-Kab. Sidoarjo

Mochammad Yasir

Abstract


Rendahnya golongan guru di atas IVa disebabkan oleh ketidakmampuan guru dalam membuat karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah yang dibuat berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama mengajar. Tujuan kegiatan ini ialah untuk melatih guru-guru Biologi SMA se-Kabupaten Sidoarjo dalam menulis karya ilmiah dengan baik dan benar dari hasil PTK atau Lesson Study yang pernah dilakukan dan untuk mendeskripsikan respon peserta terhadap kegiatan pelatihan. Metode pelaksanaan dibagi menjadi tiga tahap, yakni Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan, dan Tahap Evaluasi. Kegiatan pelatihan menghasilkan 3 artikel ilmiah karya guru. Satu artikel ilmiah belum sesuai dengan kaidah penulisan artikel ilmiah yang baik dan benar, satu artikel memiliki isi dan format yang lebih mirip proposal penelitian, dan satu artikel yang sudah sesuai dengan kaidah penulisan artikel ilmiah yang baik dan benar. Sementara itu, sebanyak 86,50% peserta tertarik terhadap pelatihan yang dilakukan. Lalu, sebanyak 92,54% peserta menyatakan materi yang disajikan dapat dipahami/jelas. dan 91,51% peserta menyatakan peserta puas terhadap pelatihan penulisan yang dilakukan.

Keywords


artikel ilmiah; penulisan; biologi

References


Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. (2005). Materi Pelatihan Terintegrasi Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdiknas.

Heinich, R., M. Molenda and J.D. Russel. (1982). Instructional Media and the New Technologies of Instruction. New York: Macmillan Publishing Company.

Pribadi, Benny A. (2011). Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: PT. Dian Rakyat.Sadiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Smaldino, Sharon E, (2012). Instructional Technology dan Media For Learning (Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar). Jakarta: Prenada Media Group.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i1.6849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mochammad Yasir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: