Pemberdayaan Perempuan dalam Memanfaatkan Limbah Sampah Rumah Tangga Menjadi Barang Kerajinan Bernilai Ekonomi untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga

Yulinda Ismail, Tineke Wolok

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk membina dan memberdayakan kelompok masyarakat perempuan dalam hal bagaimana mengelolah limbah sampah rumah tangga menjadi kerajinan yang memiliki nilai tambah sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga, melalui pelatihan keterampilan mengenai pengelolahan limbah sampah rumah tangga melalui pemanfaatan teknologi-teknologi tepat guna, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat pada umumnya. Adapun indikator capaian produk program pengabdian yang dituju adalah sebagai berikut bagaimana mengelolah limbah sampah rumah tangga dengan mengunakan teknologi yang tepat guna sehingga menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas,serta adanya peningkatan partisipasi masyarakat dan peningkatan swadana dan swadaya masyarakat sehingga dapat menciptakan masyarakat yang mandiri secara ekonomi.

Keywords


pemberdayaan perempuan, sampah rumah tangga, pendapatan keluarga

References


Badan Pusat Statistik, 2010. Hasil Sensus penduduk. Diunduh dari: http//www.bps.go.id/aboutus.php?sp=0

Hakim H. 2010. Alasan kenapa perempuan harus menjadi subjek dalam mengelola sampah. Internet : di unduh 6 Juli 2012.

Irwan Z.D. 2009. Besarnya eksploitasi perempuan dan lingkungan di Indonesia, siapa dapat mmengendalikan penyulutnya? Jakarta [ID]: Gramedia.

Masalah sampah di Indonesia. 2008. [internet]. [diunduh19 April 2012]. Diunduh dari:http://www.masalahsampah.info/2008/10/sampah-part-03-masalah-sampah-di.html.




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v5i2.6114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yulinda Ismail, Tineke Wolok

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: