Pendampingan Industri Kreatif Sandal Wisata di Desa Kebonsari Kabupaten Tuban

Slamet Widodo, Fuad Hasan

Abstract


Program pendampingan dalam rangka pengabdian masyarakat  ini dilaksanakan di Desa Kebonsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Mitra kegiatan IbM ini adalah UMKM yang bergerak pada usaha pembuatan sandal spon atau dikenal juga dengan sandal wisata, yaitu UMKM “Bintang Lima” (Mitra 1) dan UMKM “Tasmania” (Mitra 2). Kedua mitra berada di wilayah desa yang sama dan termasuk dalam wilayah ibukota kabupaten sehingga dapat mudah dijangkau. Lokasi berjarak 100 km dari Kampus UTM dengan akses jalan negara yang terjangkau. Metode yang digunakan adalah melalui kegiatan penyuluhan dan pendampingan pengurusan ijin usaha dan pendaftaran merek. Perancangan alat yaitu cutting  machine dan mesin press untuk efisiensi produksi. Sedangkan untuk meingkatkan   penjualan dan strategi marketing dilakukan pengembangan laman e-commerce. Hasil kegiatan telah sesuai dengan target yang diinginkan. Aspek legalisasi usaha menjadi fokus utama, dikarenakan strategi pengembangan usaha ke depan mensyaratkan adanya perijinan yang terkait dengan usaha. Melalui program ini, telah dilakukan pendampingan dalam pengurusan ijin usaha sehingga kedua mitra telah memiliki SIUP dan TDP. Upaya peningkatan produksi dilakukan dengan merancang alat yang mampu meningkatkan efisiensi produksi. Pada awalnya dilakukan pemotongan secara manual, kini telah tersedia mesin pemotong yang semi otomatis. Demikian pula dengan mesin pres. Pembuatan desain etiket merek sekaligus upaya pendaftaran merek telah dilakukan. Pendaftaran merek dilakukan melalui Sentra HAKI UTM. Upaya peningkatan penjualan dilakukan dengan perancangan toko online melalui laman sandalwisata.com.


References


Badan Pusat Statistik. 2015. Kinerja Ekonomi Kreatif Indonesia. Makalah Simposium Nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Molla, A. Heeks, R. 2007. Exploring E-Commerce Benefits for Businesses in a Developing Country. The Information Society. 23: 95–108.




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v4i2.4932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Slamet Widodo, Fuad Hasan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: