Pendampingan Kelompok Tani di Kabupaten Pamekasan untuk Pengembangan Entrepeneur Agribisnis Jagung Madura

Isdiana Suprapti, Aminah Happy Moninthofa

Abstract


Madura sebagai salah satu sentra penghasil jagung, memberikan suatu peluang yang cukup  besar bagi para petani jagung untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan akan komoditas jagung. Kelompok tani yang ada saat ini, hanya mampu mengembangkan kemampuan budidaya petani tetapi belum mampu mengembangkan kemampuan kewirausahaan petani dibidang agribisnis atau belum mampu melahirkan entrepreneur agribisnis. Penerima manfaat dalam program ini adalah kelompok tani Kuntum Mekar Desa Sopa’ah dan kelompok tani Kuntum Muda Desa Durbuk, kecamatan Pademawu. Program pengabdian kepada masyarakat ini dimaksudkan untuk memberikan alternatif ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna bagi peningkatan kapasitas kelembagaan kelompok tani dalam menggali sumber-sumber pendapatan mandiri dan sebagai alternatif ketrampilan praktis untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada kelompok tani. Kegiatan ini membantu petani untuk mengembangkan jiwa entrepreneur agribisnis komoditas jagung, sebagai bentuk pengembangan ketrampilan dan pengetahuan petani akan komoditas jagung. Beberapa kegiatan pelatihan berupa : (a) pelatihan manajemen agribisnis jagung, (b) sekolah lapang yang terdiri dari pemberian materi teknik budidaya Legowo Jagung, pengolahan lahan, pemberian  pupuk dasar dan pembuatan pupuk organic, penanaman dan pembuatan farm record, pemupukan dan

Keywords


Entrepeneur, agribisnis, jagung, kelompok tani, pengabdian masyarakat

References


Biro Pusat Statistika. 2017. http:// bps.go.id

Pambudy, R. 2010. Melalui Kepemimpinan Entrepreneur Agribisnis. Makalah. Disampaikan pada Simposium Internasional PPI Dunia.

Roesmarkam, S., Arifin, F & Sa`adah, S.Z. 2006. Usulan Pemutihan Varietas Lokal Jagung Madura Manding, Talango dan Guluk-guluk. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur.

Sugiarti, T & Hayati, M. 2009. Persepsi Petani Madura dalam Menolak Komoditas Jagung Varietas Baru. Jurnal Embryo. Vol 13 No 2.

Suprapti, I. 2013. Model Manajemen Risiko Petani Jagung Madura dalam Mempertahankan Keberadaan Jagung Lokal. Paper (tidak dipublikasikan).




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v4i2.4931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Isdiana Suprapti, Aminah Happy Moninthofa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: