IbM Pengelola Paud Al Amin Untuk Peningkatan Science Instructional Quality Anak Usia Dini dan Parenting Skill Orang Tua Murid

Mujtahidin Mujtahidin

Abstract


Tujuan program IbM ini adalah mensinergikan antara pola pendidikan di sekolah yang dilakukan guru dan pola asuh orang tua dalam pendidikan di dalam keluarga untuk anak usia dini. IbM ini dilakukan untuk guru-guru dan orang tua murid di PAUD Al Amin, Kabupaten Pamekasan-Madura. Oleh karena itu, program IbM ini memberikan bekal bagi guru dan orang tua dalam menjalankan proses pengasuhan dan pendidikan anak dengan mudah dan tepat. Program IbM ini berisi paket pelatihan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) untuk meningkatkan science instructional quality, pengembangan media pembelajaran sains untuk guru, dan pelatihan parenting skill untuk orang tua murid. Capaian hasil kegiatan IbM dapat dilihat dari perubahan mindset guru dan orang tua sedikit demi sedikit dalam pola asuh anak. Guru menjadi terampil dalam mengembangkan RPPH untuk pembelajaran anak usia dini, guru terampil dalam mengembangkan media yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Guru dan orang tua memperoleh pengetahuan tentang persiapan ruang mental dalam memfasilitasi perkembangan mental positif anak, prinsip-prinsip dasar dalam membentuk sikap dan perilaku anak, melatih secara sehat dan efektif dalam menjalani pengasuhan anak, motivasi gairah belajar orang tua, serta membantu orang tua dalam membina hubungan lebih berkualitas dengan anak untuk mendukung terciptanya keluarga berkualitas yang menyenangkan dan tentram.


Keywords


anak usia dini, science instructional quality, dan parenting skill

References


Biro Pendidikan. 2012. Membantu Anak Anda Di Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Logistik Pemerintah.

Duschl, R.A., Schweingruber, H.A & Shouse, A.W. 2007. Taking Science To School: Learning and Teaching Science in Grades K-8. Washington, DC: The National Academy Press.

George, M. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Terjemahan; Fundamentals of Early Chidhood Education, 5th edition. Yogyakarta: Indeks.

Jones, J & Courtney, R. 2003. Documenting Early Science Learning. National Association for the Education of Young Children.

Navis, A.A. 2013. Menjadi Orangtua Idaman dengan Hypno Parenting.Yogyakarta: Katahati.

Sharry, J. 2002. Parent Power: Bringing up Responsible Children and Teenagers. England: John Wiley & Sons, Ltd.

Wiyani, N.A. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar Ruzz Media..

Wiyono, E. 2008. Mengapa Anak Saya Suka Melawan? dan Susah Diatur? Jakarta: Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v4i2.4927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mujtahidin Mujtahidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: