Pendekatan Marketing Mix Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Rumah Olahan Susu Kelurahan Songgokerto Kota Batu

Sri Wilujeng, Rita Indah Mustikowati

Abstract


Rumah Pemberdayaan “Sussu”  berdiri atas dasar fenomena yang terjadi di sekitar warganya. Ketersediaan bahan baku yang melimpah karena sapi perah banyak dibudidayakan oleh masyarakat Kelurahan Songgokerto dan terbukanya pasar karena produk oleh-oleh khas Kota Batu sangat diminati oleh para wisatawan. Banyaknya kaum ibu-ibu yang tinggal di sekitar rumahnya dan tidak memiliki aktifitas usaha di tengah himpitan ekonomi yang semakin kuat mendorong penggagas untuk memberdayakan mereka dalam pengembangan usaha pengolahan susu ini. Terbatasnya produk olahan susu berupa camilan di Kota Batu berdampak pada tingginya permintaan pasar tehadap produk yang dihasilkan oleh Rumah Pemberdayaan “Susu” – Batu, akan tetapi usaha ini mengalami kesulitan dalam meningkatkan volume produksinya karena proses produksi masih dilakukan secara tradisional dan monoton. Tujuan kajian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang utuh dan komprehensif tentang Manajemen Usaha dalam proses produksi olahan susu serta memberikan pemahaman tentang kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan produk susu. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa warga sekitar dapat diberdayakan secara produktif dan termotivasi mengembangkan usahanya dengan pendekatan manajemen usaha dan inovasi  produk dengan cara mengikuti sosisalisasi  marketing mix pembuatan aneka olahan susu yang mempunyai nilai ekonomis dan menambah pendapatan keluarga.

Keywords


Pelatihan, Kewirausahaan, Manajemen Usaha, Inovasi

Full Text:

PDF

References


Alma, B. 2000. Kewirausahaan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Dirjen Pendidikan Nonformal dan Informal, 2010.

Hadiati, S. 2008, Perilaku Wirausaha Industri Keramik Berskala Kecil untuk Meningkatkan Daya Saing Produk di Malang, Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.10, No. 2, September 2008: 115-123.

Lastriyanto, A. 2016. Peranan Inovasi Teknologi dalam Pengembangan Bisnis dan Pemberdayaan Wirausaha Pemula di Kota Malang. Lokakarya. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Malang.

Munandar, A. 2012. http://www.uin-malang.ac.id/index.php?option=com_content &view=article&id=2883:%20peran-ukm-dalam-pertumbuhan-ekonomi-bangsa & catid = 35: artikel-dosen&Itemid=210. Kamis, 7 Maret 2013.

Suryana, 2003. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Edisi Revisi, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu, 2011. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses, Jakarta: Penerbit Kencana, Prenada Media Group.

Wijatno,S. 2009. Pengantar Entrepreneurship, Jakarta: PT Gramedia Widiarsarana.




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v4i1.4575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sri Wilujeng, Rita Indah Mustikowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: