Persepsi Nasabah Terhadap Praktik Produk Pembiayaan Murabahah BNI Syariah Cabang Banda Aceh

Rachmatina Rachmatina, Dedi Sufriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi nasabah terhadap praktik produk pembiayaan murabahah di bank BNI Syariah Cabang Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 40 nasabah pembiayaan murabahah BNI Syariah Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan alat analisis data regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi nasabah berpengaruh terhadap praktik produk pembiayaan murabahah sebesar 19,7% sedangkan 80,3% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Oleh karena itu, bank diharapkan dapat meningkatkan penerapan praktik produk pembiayaan murabahah untuk meningkatkan persepsi nasabah yang baik terhadap produk pembiayaan murabahah.

Keywords


Persepsi Nasabah, Praktik Produk Pembiayan Murabahah

References


Al-Quran dan Terjemahannya.

Acfira, L. 2014. Pengaruh Persepsi Nasabah Terhadap Pengambilan Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus Nasabah BNI Syariah Cab.Makassar). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar.

Albab, U. 2018. Pengaruh Persepsi Pembiayaan Murabahah dan Margin Terhadap Pengambilan Pembiayaan Murabahah di Baitu tamwil Tamzis Cab. Prambanan. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

Ali, Z. 2010. Hukum Perbankan Syariah. Jakarta:Sinar Grafika.

Antonio, M.S. 2000. Bank Syariah: Suatu Pengenalan Umum. Jakarta: Tazkia Institute.

Antonio, M.S. 2001. Bank Syariah: Dari Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani Press.

Fadla, M. 2017. Analisis Kepatuhan Syariah Pada BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat Indonesia. Bogor. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Firsan, N. 2011. Crisis Public Relation: Strategi PR Menghadapi Krisis, Mengelola Isu, Membawa Citra, dan Reputasi Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers

Hay, S. 2014. Strategi Keunggulan Bersaing PT Bank BNI Syariah Cabang Dharmawangsa Surabaya dalam Meningkatkatkan Jumlah Nasabah. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Irwanto. 2002. Psikologi Umum. Jakarta: Prenhallindo

Ismail. 2011. Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Karim, A. 2013. Bank Islam Analisis Fiqh dan Keuangan. Jakarta: IIIT Indonesia.

Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga.

Machfudz, M. 2014. Metode Penelitian Ekonomi. Malang: Genius Media

Muammar. 2016. Teori dan Aplikasi Penerapan Akad Murabahah. Makalah. Dikutip dari muammaremere.blogspot.com/2016/06/teori-dan-aplikasi-penerapan-akad.html?m=1.30 Desember.

Muhammad. 2011. Audit dan Pengawasan Syariah Pada Bank Syariah. Yogyakarta: UII Press.

Muhammad. 2014. Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada

Mutaqodim, B.R. 2015. Pengaruh Penerapan Prinsip Good Corporate Terhadap Kinerja Keuangan Pegawai Perbankan Syariah Di Kabupaten Pendeglang. Jakarta. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah

Nurdiansyah, D. 2008. Persepsi Nasabah Terhadap Produk Pembiayaan Murabahah BPRS Al Salam. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Priyatno, D. 2011. SPSS AnalisisStatistik Data Lebih Cepat Lebih Akurat. Yogyakarta: Medikomm.

Rakhmat, J. 2004. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Rosdakarya.

Rahmawaty, A. 2014. Pengaruh Persepsi Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk di BNI Syariah Semarang. Jurnal Agama, Teologi & Filsafat (ADDIN), Vol. 8. No. 1, Februari 2014:1-28.

Rizka, O. 2017. Pengaruh Persepsi Nasabah dan Margin Terhadap Keputusan Pengambilan Griya Pada Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung Bandar Lampung. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Rafen Intan.

Sjahdeini, S. 1999. Perbankan Islam dan Kedudukannya dalam Tata Hukum Perbankan Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Garfiti.

Siregar, S. 2004. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Awal SPSS. Jakarta.

Sholihin. 2010. Buku Pintar Ekonomi Syariah,Gramedia PustakaUtama.

Suryana. 2010. Metodelogi Penelitian. Universitas Pendidikan Indonesia

Suwartono. 2014. Dasar - Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Toha, M. 2003. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Yogyakarta: Gajah Mada University.

Umar, H. 2011. Metodelogi Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Walgito, B. 2004. Psikologi Sosial: Suatu Pengantar. Yogyakarta: Fakultas Psikologi.

Wiroso. 2005. Jual Beli Murabahah. Yogyakarta: UII Press.

Zuardi, M. H. 2013. Persepsi Nasabah Terhadap Sistem Pembiayaan Bagi Hasil Di Bank Jabar Syariah Kota Cirebon. Jurnal Tapis Vol. XIII, No. 01 Januari-Juni, 7.

Zulkifili, S. 2003. Panduan Praktis Transaksi Perbankan Syariah. Jakarta: Zikrul Hakim




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dedi Sufriadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: