Pengaruh Konseling Terhadap Pengetahuan dan Sikap Calon Akseptor KB dalam Pemilihan AKDR Post Plasenta

Novita Eka Kusuma Wardani, Deasy Irawati, Sri Wayanti

Abstract


Kontrasepsi pascapersalinan penting untung mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Dalam melayani kontrasepsi pasca salin, klien dan pasangannya harus mendapat informasi dari petugas kesehatan secara lengkap dan jelas agar dapat menentukan pilihannya dengan tepat. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh wanita usia subur berusia 20 - 35 tahun yang tinggal di wilayah Puskesmas Kamal, Bangkalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling bidan berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap ibu menjadi akseptor IUD post plasenta berdasarkan analisis statistik. Hasil statistik menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan responden  memilikiP value  0,014 pada kelompok perlakuan dan 0,025. Sedangkan pada variabel sikap menunjukkan P value 0,027 pada kelompok perlakuan dan 0,017 pada kelompok kontrol. Pemberian informasi dapat meningkatkan keberhasilan konseling sangat terkait dengan sikap/perilaku konselor dalam memberikan informasi Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberian konseling dengan tingkat pengetahuan dan sikap calon akseptor KB dalam pemilihan AKDR Post Plasenta


Keywords


Konseling, pengetahuan, sikap, AKDR post plasenta

References


Azwar, 2005. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Grimes, Schulz, Van Vliet, Stanwood. 2003 Immediate Post Partum Insertion Of intrauterine Devices. Cochrane Database Syst Rev. 2003 (1) : CD 003036.

Mujiati, Inti. 2013. Pelayanan Kb Pasca Persalinan dalam Upaya Mendukung Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan. 2 (2013) : 11-16.

Niven, Neil. 2002. Psikologi Kesehatan Keperawatan Pengantar untuk Perawat dan Profesional Kesehatan lain. Jakarta : EGC

Notoatmodjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.

Starh. 2002. Konseling KB Berkualitas Belum Dipahami. Available from : http: //sidrap-file/2012/01/konseling KB berkualitas belum dipahami.

Saifuddin AB, Affandi B, Baharuddin M, Soekir S, editor. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo; 2006.

Suyono, H. 2007. Bidan mandiri sebagai ujung tombak Posyandu. http://www.damandiri.or.id. Diakses 20 Januari 2018.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v12i1.5172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Novita Eka Kusuma Wardani, Deasy Irawati, Sri Wayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: