PENGGUNAAN SALURAN KOMUNIKASI DAN MINAT WISATAWAN BERKUNJUNG KE WISATA KABUPATEN BANGKALAN

Netty Dyah Kurniasari, Mochammad Arkansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan menggambarkan dan mengkaji tentang penggunaan saluran komunikasi dalam membentuk minat wisatawan berkunjung ke wisata Bangkalan Madura. Penelitian ini merupakan studi saluran komunikasi yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara. Data dianalisis dengan menelaah, mereduksi, menyajikan dan penarikan kesimpulan. Data hasil observasi disajikan dalam bentuk gambar (foto). Data hasil studi kepustakaan disajikan dalam bentuk kutipan-kutipan untuk memperkuat temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penggunaan saluran komunikasi dalam membentuk minat wisatawan berkunjung di wisata kabupaten bangkalan dalam proses penggunaan saluran komunikasinya sesuai dengan pengalaman mereka ada yang mengetahui dari media massa tersendiri maupun mengetahui secara langsung dari teman sebayanya maupun keluarga terdekatnya yang sudah pernah berkunjung kesana kemudian memberikan informasi mengenai seperti apa wisata di Bangkalan tersebut

Keywords


saluran komunikasi, proses pembentukan, minat wisatawan, Bangkalan

Full Text:

PDF

References


Laswell, H.D. 2010. The Structure anf Function of Communication in Society. The Communication of Ideas. New York: Institute for Religious and Social Studies

Cohen. E. 1984. The Sociology of Tourism: Approaches. Issues. and Findings. Annual Review of Sociology Vol 10 hal. 373-392.

Ismayanti. 2010. Pengantar Pariwisata. Jakarta: PT Gramedia Widisarana Indonesia.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. 2016. Meningkatnya Wisatawan Nusantara: Nikmatnya Jalan-Jalan di Negeri Sendiri. (Online), (http://budpar.go.id/asp/detil.asp?c=16&id=1743), diakses tanggal 18 September 2017.

Moleong.L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pendit. N.S. 2006. Ilmu Pariwisata (Sebuah Pengantar Perdana). Jakarta: PT Pradnya Paramita

Pitana. I. G & Gayatri.P.G. 2005.Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suwantoro, G. 2004. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v11i1.4447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Netty Dyah Kurniasari, Mochammad Arkansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: