TINJAUAN PENERAPAN KONSEP GREEN MARKETING DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN

Darul Islam

Abstract


Konsep green marketing mix adalah sama dengan bauran pemasaran  konvensional yaitu merujuk pada kepuasan kebutuhan, keinginan, dan hasrat  pelanggan dalam hubungan dengan pemeliharaan dan pelestarian dari  lingkungan hidup. Ketertarikan para konsumen akan kepedulian lingkungan membuat peluang  bagi perusahaan agar menerapakan green marketing serta untuk meningkatkan  penjualan. Green marketing kemudian menjadi sebuah alternatif strategi yang  tidak hanya membantu image perusahaan, tetapi juga memberi nilai tambah  terhadap bisnis perusahaan, bahkan konsumen menuntut pilihan hijau dan bersedia membayar harga lebih mahal. Strategi pemasaran mencakup faktor eksternal dan internal perusahaan, sedangkan strategi bauran pemasaran merupakan ide dasar dan fungsi generik dari pemasaran yang terdiri atas elemen produk, harga, tempat, dan promosi untuk membentuk terjadinya penjualan. Mengembangkan konsep green marketing mix (bauran pemasaran hijau), tak terlepas dari konsep tradisional 4P (product, price, place, promotion) kecuali dengan sejumlah penambahan komponen yang sangat berhubungan dengan maksud dari green marketing itu sendiri dan hal- hal yang sangat berpengaruh lainnya. Implementasi strategi pemasaran hijau membutuhkan pendekatan fundamental, komprehensif dan terintegrasi dalam semua aspek fungsional pemasaran, termasuk bauran pemasaran secara keseluruhan, seperti desain produk, harga, lokasi dan promosi.


Keywords


green marketing, pemasaran, strategi, lingkungan

Full Text:

PDF

References


Allen, A. CH. Manongko, 2011. "Green Marketing dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Membeli Produk Organik (Studi Pada Pelanggan Produk Organik di Kota Manado)", Tesis S2, Universitas Brawijaya, Malang.

Ariawan, A. 2005. Studi Mengenai Sukses Pemasaran Produk (Studi Kasus pada Riteler Produk kain Sarung Merek gajah Duduk di Pekalongan). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. IV, No. 1 (Mei),pp : 71-86.

Asrianto, B. 2013. Green Marketing dan Corporate Social Responsibility Pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen melalui minat membeli produk organic di FreshMart Kota Manado. Jurnal EMBA, 1(4): h: 2117-2129

Boztepe, A. 2012. Green Marketing and Its Impact on Consumer Buying Behavior. European Journal of Economic and Political Studies. Fatih Universtity.

Byrne, A. 2002. Understanding Consumer Preferences Across Environmental Marketing Mix Variations. OIKOS University of Newcastle.

Chan, Y,K.(1999), Environmental Attitudes and Behavior of Consumers in China Survey Findings and Implications. Journal of international consumer marketing.

Dahlstrom, R. 2011. Green Marketing Management. Mason: Cengage Learning.

Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan IV. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Cetakan VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Gitonga, 2014,The Influence Of Green Marketing Mix Strategies On Performance Of Fast Moving Consumer Goods Companies In Nairobi County thesis University Of Nairobi.

Grant, J. 2009, Green marketing Manifesto. West Sussex : John Wiley & Sons Ltd.

Haryadi, R. 2009. Pengaruh Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus Pada The Body Shop Jakarta). Tesis Program Studi Magister Management-Program Pasca sarjana Universitas Diponegoro.

Junaedi, S.M.F. (2005). “Pengaruh Kesadaran Lingkungan pada Niat Beli Produk Hijau: Studi Perilaku Konsumen Berwawasan Lingkungan” Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 9, No. 2, hal. 189-201.

Kertajaya, K. 2002. Marketing plus 2000. Jakarta: Gramedia.

Kiaabadi, C. 2013. The effects of green marketing mix to follow environmental principles in Iran, Academic Journal of Research in Business & Accounting.

Kotler, P.,& Keller, K.L. 2003. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Erlangga.

Kotler,P.,& Armstrong, G. 2007, Prinsip Pemasaran, Edisi Ke-8. PT. Erlangga.

Laroche, M., Bergeron, J., & Barbaro-Forleo, G. (2001). Targeting consumers who are willing to pay more for environmentally friendly products. Journal of Consumer Marketing, 18(6), 503-520.

Morrison, A.M. 2002, Hospitality and Travel Marketing, Edisi ketiga,USA:

Maxwell, J.W., Lyon, T.P., and Hackett, C. (2000). “Self-Regulation and Social Welfare: The Political Economy of Corporate Environmentalism”. Journal of Law and Economics. Vol. 43, 583-618.

Nitisusastro, M. 2012, Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan, Alfabeta, Bandung.

Palwa, A. 2014. Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi Minat Beli (studi pada pelanggan the body shop di plaza ambarukmo yogyakarta. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Prakash, A. 2002. Green Marketing, Public Policy And Managerial Strategies. Business Strategy and the Environment 11, 285-297.

Polonsky, M.J., & Rosenberger, P.J. (2001). Reevaluating Green Marketing: A Strategic Approach. Business Horizons, 44(5), 21-30.

Purnama, J. 2014.Pengaruh Produk Ramah Lingkungan, Atribut Merek Hijau, Iklan Peduli Lingkungan dan Persepsi Harga Premium Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK, Jurnal FE. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ottman, J.A., et al. 2006. Green Marketing Myopia: Ways to Improve Consumer Appeal for Environmentally Preferable Products. Environment Volume 48, Number 5 pp 22-36 Heldref Publications.

Queensland Goverment, 2002. Green Marketing-The Competitive Advantage of Sustainability . www..epa.qld.gov.au/sustainable_industries.

Rahmawati, Hadiwidjojo, Noermijati dan Solimun, 2014. “Green Marketing Mix As Strategy to Improve Competitive Advantage in Real Estate Developer Companies”.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan ke 23. ALFABETA, Bandung.

Suryani, T. 2008. Perilaku Konsumen : Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Edisi 1. Ilmu. Yogyakarta.

Swastha, B., & Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi II Cetakan KE-12. Yogyakarta: Liberty Offset.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v11i1.4436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Darul Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: