Analisis Kepuasan Peziarah Terhadap Objek Wisata Religi Makam Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan Madura

Lilis Suaibah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan peziarah terhadap objek wisata religi makam Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan Madura. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive dengan pertimbangan objek wisata religi makam  Syaikhona Muhammad Kholil merupakan objek wisata religi di Madura yang paling banyak dikunjungi peziarah. Metode analisis yang digunakan adalah analisis GAP Servqual yang dikembangkan oleh Parasuraman, Zeithmal dan Berrry (1998). Dimensi kualitas pelayanan (service quality) terdiri dari tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Kepuasan peziarah ditentukan dengan menghitung  selisih antara Perceived Value dengan Expectation Value. Hasil analisis GAP Servqual didapatkan nilai untuk dimensi emphaty, reliability dan responsiveness adalah positif menunjukkan bahwa peziarah telah terpuaskan preferensinya, sedangkan untuk dimensi tangibles dan assurance adalah negatif, artinya peziarah belum terpuaskan preferensinya. Dimensi emphaty memiliki nilai gap dengan nilai positif tertinggi, atau merupakan dimensi yang paling memuaskan peziarah. 


Keywords


Wisata Religi, Pariwisata Syariah, GAP Servqual, Service Quality, Dimensi Kualitas pelayanan

Full Text:

PDF

References


Agustina F dan Ansori, N., 2008. Pemetaan Industri Kreatif dan Penentuan Kompetensi Inti Bangkalan. Jurnal Teknik Industri Vol 14 (8). p 130-137.

Chookaew, S., Chanim, O., Charatarawat J., Sriprasert, P., & Nimpaya, 2015. Increasing Halal Tourism Potential at Andalan Gulf in Thailand for Muslim Country. Journal Economic, Bussiness and Management, Vol 3 (7). p. 277-279.

https://kbbi.web.id/ziarah. diakses pada tanggal 20 Oktober 2017.

Kementerian Ekonomi dan Pariwisata Republik Indonesia. 2013. Undang-Undang No. 10 Tahun 2009. Jakarta.

Mujib, Misbahul M., 2016. Tradisi Ziarah dalam Masyarakat Jawa: Kontestasi Kesalehan, Identitas Keagamaan dan Komersial. Jurnal Kebudayaan Islam UIN Sunan Kalijogo Yogyakarta. Vol 14 (2). p 205-225

Nahidloh S., 2016. Potensi Pariwisata Islami di Kabupaten Bangkalan Madura. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers UTM Madura, 30 Nopember 2016.

Nyoman S. Pendit, 2002. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar. Predya Paramita. Jakarta.

Passaruman, A, Zeithnal VA & Berry Leonard L, 1985. A Conceptual Model of Service Quality and its Implication for Future Research. Journal of Marketing. Vol 49. No 4 (Fall, 1985). pp 41-50.

Sambodo, Tri A dan Dirgantara, Bima H., 2014. Analisis Kepuasan Konsumen dengan Servqual Studi Kasus: Media Sosial Bhinneka. Com. Prosiding Seminar Nasional Sistem Informatika Indonesia, 22 September 2014.

Sarjono Haryadi dan Natalia, 2014. Servqual dalam Pelayanan Kelas pada Laboratorium Manajemen. Binus Business Review Vol. 5 (1) p: 404-417.

Sinaga, Baja H.M., 2009. Persepsi Pengguna Jasa. FE UI, Jakarta.

Sumarwan, U., A Jauzi, A Mulyana, B.N. Karno, P.K, Marwadi & W Nugrogo. 2011. Riset Pemasaran dan Konsumen. IPB Press. Bogor.

Tjiptono, F dan Chandra, G.; 2011. Service, Quality, and Satisfaction. Edisi ke-3. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v10i2.4149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Lilis Suaibah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: