Peran Pesantren Mahasiswa dalam Pembentukan Karakter Tertib, Santun dan Peduli pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura
Abstract
Pesantren mahasiswa merupakan lembaga pendidikan yang khas, baik dari sisi subjek (santri) maupun objeknya (kurikulum dan kegiatannya). Sistem pendidikannya bersifat holistik integratif. Internalisasi pendidikan karakter ditekankan untuk menanamkan kebiasaan (habituation) tentang hal yang baik sehingga santri menjadi paham (kognitif) tentang mana yang benar dan salah, mampu merasakan (afektif) nilai yang baik dan biasa melakukannya (psikomotor). Diantara karaker yang baik dan penting dimiliki mahasiswa adalah karakter tertib, santun dan peduli. Mahasiswa yang memiliki tiga karakter ini maka harapannya tentu akan berpengaruh terhadap aspek kognitif, afektif dan psikomotor di dalam kampus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pendidikan di 4 pesantren mahasiswa sekitar kampus Universitas Trunojoyo Madura. Mendeskripsikan pola pendidikan dan pembentukan karakter tertib, santun dan peduli pada 4 pesantren mahasiswa tersebut dan menganalisis pengaruh pola pendidikan tersebut dalam pembentukan karakter tertib, santun, peduli pada santri mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosio-historis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan stakeholder di pesantren mahasiswa dan observasi langsung untuk mendapatkan data primer baik berupa data, dokumentasi, berkas maupun bahan-bahan lainnya. wawancara juga dilakukan kepada dosen untuk mengetahui tingkat implementasi karakter tertib, santun, peduli di perkuliahan (di kampus). Setelah itu data yang didapatkan dikaji secara konseptual dan komprehensif dengan menggunakan teknik analisa data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dua hal, pertama, dari kegiatan sehari hari, pendidikan karakter tertib, santun dan peduli sangat ditekankan di 4 pesantren tersebut. Pola pendidikan karakter telah berjalan dengan efektif, tinggal butuh inovasi dan metode yang lebih kreatif agar nilai-nilai tersebut lebih up to date dengan perkembangan zaman tanpa meninggalkan substansi pembentukan karakter yang dikehendaki. Kedua, Pola pengajaran dan pendidikan pesantren memberikan peran efektif terhadap pembentukan karakter tertib, santun dan peduli pada mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Burhanuddin, Tamyiz, Akhlak Pesantren : Solusi Bagi Kerusakan Akhlak. Yogyakarta: Ittiqa Press, 2001.
Dhofier, Zamakhsyari, 2011, Tradisi Pesantren; Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia, LP3ES: Jakarta
Kamus KBBI online
Madjid, Nurcholish, Bilik-bilik Pesantren; Sebuah Potret Perjalanan. Cet. I; Jakarta:Paramadina, 1977.
Maunah, Binti, 2009, Tradisi Intelektual Santri, Teras, Yogyakarta
Mua’wanah, Manajemen Pesantren Mahasiswa, cet. I, Kediri: STAIN Kediri Press, 2009
Prasodjo, Sudjoko, Profil Pesantren. Jakarta: LP3ES, 1982.
Sumardjono, Maria SW., 2007, Diktat Kuliah Metodologi Penelitian Ilmu Hukum, UGM, Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v10i2.4148
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ahmad Musadad, Khoirun Nasik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.