POLITISASI MEDIA DAN EKSEKUSI MATI TERPIDANA NARKOBA

Muh. Bahruddin

Abstract


eksekusi berita obat dihukum menjadi berita yang paling penting pada pertengahan Januari 2015 untuk seminggu. Beberapa media, terutama televisi, meledakkan berita tentang eksekusi obat dihukum.
Masalahnya, berita ini menjadi sebuah drama kematian. Kemampuan media untuk menggambarkan peristiwa melalui penyusunan berita dapat membuat orang mengubah persepsi mereka tentang bahaya
narkoba ke dalam peristiwa manusia. Dalam teori Agenda Setting, media telah dijadwalkan kepentingan politiknya melalui berita yang tampaknya menjadi berita yang paling penting dari berita lainnya. Agenda
media bisa agenda publik sehingga masyarakat dapat memiliki agenda yang akan datang peristiwa yang paling penting. Dengan melakukan proyeksi, seleksi, dan framing dari masalah ini, media bahkan mampu
mengubah persepsi masyarakat tentang bahaya narkoba. Artinya, masalah obat tidak lagi menjadi masalah yang bisa merusak generasi bangsa, tetapi proses kematian hukuman mati yang merupakan fokus dari
masyarakat, sehingga menimbulkan kasih sayang dan sentuhan manusia.

Keywords


Eksekusi Mati, Narkoba, Agenda Setting, Konstruksi Media

Full Text:

PDF

References


Baran, Stanley J. dan Dennis K. Davis. 2010. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Teknologi Komunikasi di Masyarakat.

Jakarta: Kencana.

Eriyanto.2008.Analisis Framing :Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media.Yogyakarta: LKIS.

Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa. Jakarta: Granit.

Kovach, Bill dan Tom Rosenstiel.2003.Sembilan Elemen Jurnalisme. Terjemahan. Jakarta: Pantau.

Littlejohn, Stephen dan Karena A. Foss. 2008. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Nuruddin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Prihatono, T. Hari. 2009. Strategi Mengawal Proses Kebijakan Keamanan Nasional: Sebuah Manual untuk

Masyarakat Sipil. Jakarta: Propatria Institute.

Severin, Werner J. 2005. Teori Komunikasi, Sejarah, Metode Terapan didalam Media Massa, Jakarta:

Prenada Media Group.

Siahaan, Hotman M., dkk. 2001. Pers yang Gamang: Studi Pemberitaan Jajak Pendapat Timor Timur.

Surabaya: LSPS..

Muslich, Masnur. 2008, “Kekuasaan Media Massa”, dalamJurnal Bahasa dan Seni, Tahun 36 Nomor 2

Agustus, hlm. 6-7.

http://www.utwente.nl/cw/theorieenoverzicht/Theory%20Clusters/Mass%20Media/Agenda-

Setting_Theory/ (diakses tanggal 9 Februari 2015)




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v7i1.3101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Muh. Bahruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: