Analisis Kesalahan Aspek Grammatika Karangan Mahasiswa Semester 3 Program Studi Sastra Inggris Universitas Trunojoyo Madura

Diah Ikawati Ayuningtias, Diva Wenanda

Abstract


Grammar merupakan salah satu komponen dalam bahasa Inggris yang wajib dipelajari oleh setiap pembelajar bahasa I nggris. Di Indonesia materi ini diberikan sej ak tingkat Sekolah Dasar, sehingga seorang mahasiswa dapat dikatakan telah mempelajari grammar bahasa Inggris selama kurang lebih 12 tahun. Jika dilihat dari waktu mahasiswa seharusnya sudah menguasai materi ini. Namun pada kenyataannya, grammar menjadi hambatan utama bagi pembelajar bahasa Inggris di Indonesia. Banyak kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang berkaitan dengan grammar ketika memproduksi kalimat dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe kesalahan apa yang dibuat oleh mahasiswa serta penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang difokuskan pada analisis kesalahan grammatika. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 program studi Sastra Inggris Universitas Trunojoyo Madura pada kelas structure 3. Dari dua kelas yang ada masing-masing diambil 15sampel. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Data diambil dari hasil karangan mahasiswa yang berbentuk narrative teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kesalahan yang paling banyak ditemukan adalah tipe omission. Sedangkan penyebab kesalahan yang paling banyak adalah faktor intralingual.

Keywords


Analisis Kesalahan, kesalahan grammatika, narrative teks

Full Text:

PDF

References


AbiSamra, Nada. 2003. An Analysis of Errors in Arabic Speakers’ English Writings. Diakses dari

://abisamra03.tripod.com/nada/la

ageacqerroranalysis.html pada tanggal 7 Juli 2012

Azar, Betty Schrampfer. 1989.

Understanding and Using English Grammar: 2nd edition, New Jersey: Prentice Hall Regents

Hammer, Jeremy. 2005. How to Teach English. Malaysia: Longman

Brown, H. Douglas. 2000. Principles of Language Teaching and Learning. San Francisco: Longman

Brown, H. Douglas. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practice, San Francisco:

Longman

Corder, S. P. 1967. The Significance of Learner’s Errors. Heidelberg: Julius Groos Verlag

Dulay, H. and S. Krashen, 1982. Language Two, New York: Oxford University Press

Eun-pyo, Lee. 2001. Error Analysis on Medical Student’s Writing. Diakses dari apers_for_ITUA_Proceedings/E un pyo-new.pdf pada tanggal 7 Juli 2012

D. A. Wilkins. 1980. Linguistics in Language Teaching. Great Britain: Chaucer Press Ltd

D. McKeating, Error Analysis: in Gerry Abbot, John Greenwood, Douglas McKeating, and Peter Wingard (Eds.), The Teaching of English as an International Language: A Practical Guide, (Collins: Glasglow and London, 1981),

Jack C. Richards. 1974. A non-Contrastive Approach to Error Analysis. In Jack

C. Richards (Ed.), Error Analysis: Perspective on Second Language Acquisition. London: Longman

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2010.

Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v6i1.3085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Diah Ikawati Ayuningtias, Diva Wenanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: