Layanan Internet Dan Masyarakat Cerdas Media

Ahmad Cholil

Abstract


Jaringan komputer (internet) di Indonesia telah mengalami perkembangan yang signifikan. Upaya-upaya yang dilakukan adalah untuk memenuhi mutu kualitas masyarakat Indonesia menuju masyarakat yang Cerdas Media. Mengingat penggunaan teknologi internet sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap pengalaman dan persepsi masyarakat, baik hal tersebut dapat mengubah persepsi waktu, ruang dan bahasa. Dengan upaya mensinergikan hal-hal yang besifat struktur dan infrastruktur yaitu alat dan sarana pendukung ketersediaan Internet di Indonesia, serta mencoba untuk mengompilasi secara konvergen jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dimana telekomunikasi, Internet dan Broadcasting telah berjalan sendiri-sendiri sesuai dengan ranahnya, hingga mampu mengalami lompatan yang signifikas dengan menggabungkan Internet dan Komunikasi merambah kedunia Broadcasting yang nantinya bisa tersinergikan lagi menjadi satu capaian bersama dan berjalan seusuai bagaian-bagiannya. Sehingganya, capaian pelaksanaan UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Infomasi Publik (UU KIP) bisa terlaksana dengan baik kepada masyarakat Indonesia untuk menuju masyarakat Cerdas Media.


Keywords


Masyarakat; Persepsi; Internet; Informasi; Broadcasting

Full Text:

PDF

References


Alisjahbana, Iskandar. 1985. Beberapa Pemikiran Mengenai Dampak dan Kecenderungan Revolusi-Komunikasi/Revolusi Industri II di Dunia dan di

Indonesia, dalam Komunikasi dan Pembangunan, Achmad dan Ecip (editor), Jakarta, Sinar Harapan.

Arham, Khazanah. 2011. Kopi, Wifi, dan Informasi Publik, http://aceh.tribunnews.com/news

Amir Piliang, Yasraf. Cyberspace dan Perubahan Sosial: Eksistensi, Identitas, dan Makana, dalam Balairung, Yogyakarta, 2005.

Bungin, Burhan. 2005. Pornomedia: Sosiologi Media, Konstruksi Sosial Teknologi Telematika, & Perayaan Seks di Media Massa. Jakarta, Kencana.

Harsono, Nonot. Wimax vs LTE (Long Term Evolution), TIK untuk Kemakmura Bangsa, Jakarta, 2010.

Lim, Francis. 2008. Filsafat Teknologi. Don Ihde tentang Dunia, Manusia dan Alat, Yogyakarta, Kanisius.

Mahayoni. 2008. Anak vs Media, Kuasailah Media Sebelum Anak Anda dikuasainya. Jakarta, Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v5i2.2498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ahmad Cholil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: