Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Media Edugames untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN Bancaran I Kabupaten Bangkalan

Mohammad Edy Nurtamam, Ariesta Kartika Sari

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran menggunakan media Edugames untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN Bancaran I Kabupaten Bangkalan. Penelitian akan memberikan perubahan paradigma bahwa matematika merupakan mata pelajaran menyenangkan yaitu penggunaan media pembelajaran Edugames, sehingga pembelajaran disajikan akan lebih menarik dan menyenangkan.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (a) pembelajaran matematika materi luas bangun datar menggunakan media pembelajaran edugames lebih efektif untuk memberikan pemahaman pada siswa tentang bangun datar dan luas bangun datar, (b) terdapat respon yang positif dari siswa terhadap pembelajaran menggunakan media edugames pada materi luas daerah bangun datar, (c) hasil belajar matematika materi luas bangun datar menggunakan media pembelajaran interaktif edugames memberikan hasil yang lebih baik daripada menggunakan media yang konvensional.

Keywords


pembelajaran; media; Edugames; siswa

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2006). Permen No 22 dan 23 tahun 2006 dan lamp irannya. Jakarta; Depdikbud. Bruner, Jerome. (1988). The Process of Education. London: Harvard University Press http://www.edu- games.com/index.php?Ref=berita&id=16.

Diakses pada tanggal 4 Juli 2012 Paul Suparno. (1997). Filsafat Kontruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian.

Bandung; Alfabeta

Sumanto, Y.D. (2008). Gemar Matematika 6: untuk SD/MI Kelas 6. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v5i1.2497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Mohammad Edy Nurtamam, Ariesta Kartika Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: