Efek Komodifikasi Perempuan Dalam Iklan: Perspektif Psikologi Komunikasi

Sri Wahyuningsih

Abstract


Iklan adalah bentuk nyata dari aspek kapitalisme yang berada dalam lingkup media massa. Iklan dengan teknik persuasifnya berusaha untuk menarik khalayak untuk mengenal, menyukai, dan membeli produk yang ditawarkan oleh produsen. Memanfaatkan ciri khas masyarakat saat ini sebagai masyarakat kapitalisme mutakhir atau masyarakat tontonan, produsen mulai menyertakan unsur-unsur komodifikasi tubuh perempuan untuk memperkuat content. Kondisi ini akan mengarah pada masyarakat libidonomic atau masyarakat yang berpikir atas dasar nafsu bukan pemikiran yang realistis. Pandangan ini masih bersifat umum sehingga melalui kajian psikologi komunikasi dapat mengelaborasi dampak iklan yang memuat unsur komodifikasi tubuh perempuan secara lebih komprehensif.

Keywords


Komodifikasi; Perempuan; Iklan; Psikologi Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Aziz, Asmaeny. 2007. Feminisme Profetik. Yogyakarta: Kreasi Wacana

Astrid S Susanto. 1977.Komunikasi dalam Teori dan Praktek I. Jakarta: PT. Rindang Mukti Betrens K. 2006. Psikoanalisis Sigmund Freud. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Haryatmoko. 2007. Etika Komunikasi: Manipulasi Media, Kekerasan, dan Pornografi. Yogyakarta: Kanisius

Kasali, Rhenald. 1993. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Temprint.

McQuail, Denis. 1987. Teori Komunikasi Massa: Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga

Moelyono, Anton M., (ed.). 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cetakan l. Jakarta: Balai Pustaka

Mosco,Vincent. 1996. The Political Economy of Communication. SAGE: Publications Ltd, Piliang, Yasraf Amir. 1998. Sebuah Dunia yang

Dilipat: Realitas Kebudayaan Menjelang Milenium Ketiga dan Matinya Posmodernisme.Bandung: Mizan.

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Hagijanto, Andrian D. 2000 “Figur Wanita Sebagai Penarik Pandang Dalam Iklan”, Jurnal, (online)http//.garuda.dikti.go.id diakses pada 5 Maret 2012, 18:52

Kasiyan. 2007. “ Komodifikasi Seks dan Pornografi”, Jurnal, (online) http//.garuda.dikti.go.id, diakses pada 5 Maret 2012, 18:45




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v5i1.2494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Sri Wahyuningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: