Preferensi Masyarakat Kecamatan Dau Kabupaten Malang dalam Memilih Pola Pelunasan SPPT PBB

Devi Arista Rahmidani Bahari, Ihyau L Ulum, Adi Prasetyo

Abstract


Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui preferensi masyarakat Kecamatan Dau Kabupaten Malang dalam memilih pola pelunasan SPPT pajak bumi dan bangunan di masyarakat Kecamatan Dau Kabupaten Bangkalan dalam memilih pola pelunasan SPPT Pajak Bumi dan Bangunan. Penelitian ini juga mendiskusikan tentang peran pemerintah dalam melakukan diseminasi informasi tentang pelunasan wajak. Metode penelitian ini adalah survei. Hasilnya ternyata ada hubungan antara sosialisasi yang dilakukan pemerintah dengan tingkat pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam membayar pajak.


Keywords


pola preferensi; pajak tahunan; pajak bumi dan bangunan

Full Text:

PDF

References


Andi. 2009. “Pengaruh Penagihan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada KPP Pratama Salatiga)”. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Dudi. 2009. Objek Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). online di: http://dudiwahyudi.com/pajak/pajak- bumi-dan-bangunan/objek-pajak-bumi-dan- bangunan-pbb.html (akses oktober 2011).

Dudi. 2009. Subjek Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). online di: http://dudiwahyudi.com/pajak/pajak- bumi-dan-bangunan/subjek-pajak-bumi-dan- bangunan-pbb.html (akses oktober 2011).

Halarati, Isnaining. 2008. “Analisis Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Rembang”. Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Hidayati, RS. 2008. “Analisis Efektivitas Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Daerah Kabupaten Bojonegoro”. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Mardiasmo. 1992. Perpajakan. Yogyakarta. Andi offset.

Markus, Muda. 2005. Perpajakan Indonesia. Jakarta.

PT Gramedia Pustaka Utama.

Ningsih, Surya. 2007. “Identifikasi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan”. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Soemitro, Rochmat. 2005. Dasar-dasar Hukum Pajak dan Pajak Pendapatan. Bandung. PT Eresco.

Wahyutomo, Imam. 1994. Pajak. Yogyakarta. UPP AMP YKPN.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v4i2.2458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Devi Arista Rahmidani Bahari, Ihyau L Ulum, Adi Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: