Analisis Faktor-faktor Pembentuk Perilaku Ekologis Konsumen (Studi Empiris Perilaku Konsumen Berwawasan Lingkungan)

Fathor A.S

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis faktor apa saja yang membentuk perilaku ekologis konsumen, serta menguji dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran, karakteristik individu, pengetahuan, nilai individu, emosi/afek ekologikal dan gaya hidup terhadap perilaku ekologis konsumen. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisa tujuan tersebut adalah pendekatan kausalitas dengan regresi linear berganda, adapun hasil dari analysis tersebut adalah variabel produk, harga, distribusi, promosi, karakteristik individu, pengetahuan, nilai individu, emosi/afek dan gaya hidup secara bersama-sama memberikan efek sebesar 61,8% (Adjusted R Square) terhadap variabel perilaku ekologis konsumen dengan signifikansi F sebesar

0.000. Dengan demikian hipotesis pertama diterima. Signifikansi variabel Produk sebesar 0,04, dengan demikian hipotesis kedua diterima. Signifikansi variabel harga sebesar 0,32, dengan demikian hipotesis ketiga ditolak. Signifikansi variabel distribusi sebesar 0,81, dengan demikian hipotesis keempat ditolak. Signifikansi variabel promosi sebesar 0,01, dengan demikian hipotesis kelima diterima. Signifikansi variabel karakteristik individu sebesar 0,76, dengan demikian hipotesis keenam ditolak. Signifikansi variabel pengetahuan sebesar 0,28, dengan demikian hipotesis ketujuh ditolak. Signifikansi variabel nilai individu sebesar 0,03, dengan demikian hipotesis kedelapan diterima. Signifikansi variabel emosi/afek sebesar 0,05, dengan demikian hipotesis kesembilan diterima. Signifikansi variabel gaya hidup sebesar 0,00, dengan demikian hipotesis kesepuluh diterima. Kesimpulan menunjukkan bahwa faktor bauran pemasaran, karakteristik individu, pengetahuan, nilai individu, emosi/Afek Ekologikal dan gaya hidup mampu membentuk perilaku ekologis konsumen.

Keywords


Green Marketing; Premium Price; Produk Hijau; Perilaku Ekologis

Full Text:

PDF

References


Alba, J.W. & Hutchinson, J.W. (1987) “Dimension of consumer expertise”, Journal of Consumer Research, Vol. 13, March, pp. 411–454.

Anonim. (2009) Peran pengetahuan dan Emosi/Afek

Ekologikal konsumen pada isu lingkungan: Studi empiris perilaku konsumen hijau. diakses dari http://members.fortunecity.com/lingkungan/ artikel/GeerakanKHijau.htm.Tuesday, Oktober 27, 2009.

Anja Schaefer. (2005) Some Consideration Regarding The Ecological Sustainability of Marketing System Open University Business School.. Sekaran, U. 2006. Research Methods for Business, 4th Ed. John, Wiley & Sons Inc, New York.

Attayaya. (2009) Pemasaran Berwawasan Lingkungan Hidup. diakses dari http://members.fortunecity. com/lingkungan/artikel/GerakanKHijau.htm. Tuesday, Oktober 27, 2009.

Brucks, M. (1985) The effects of product knowledge on information search behaviour. Journal of Consumer Research. Vol. 12, No. 6, pp. 1–16.

Bui, My H. (2005) Environmental Marketing: A Model of Consumer Behaviour. Loyola University New Orleans. Association of Collegiate Marketing Educators pp. 20.

Byrne, Michael. (2003) Understanding Consumer Preferences Across Environmental Marketing Mix Variations. OIKOS University of Newcastle

Chan, Ricky, Y.K. (1999) “Environmental Attitudes and Behavior of Consumers in China: Survey Findings and Implications,” Journal of International Consumer Marketing, 11: 4, pp. 25–52.

Chan, Ricky, Y.K.& Lorett, B.Y. Lau (2000), “Antecedents of Green Purchases: A Survey in China,” Journal of Consumer Marketing, Vol.

No. 4, pp. 338–357.

Fathor. (2011) Pengaruh Nilai Individu, Pengetahuan dan Gaya Hidup terhadap Penentu Perilaku Ekologis Konsumen. Jurnal Neobis.

Haryadi, Rudi. (2009) Pengaruh Strategi Green Marketing terhadap Pilihan Konsumen melalui Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus pada The Body Shop Jakarta). Tesis. Program Studi Magister Manajemen. Universitas Diponegoro Semarang.

Junaedi, M.F. Shellyana. (2005) Pengaruh kesadaran lingkungan pada niat beli produk hijau: studi perilaku konsumen berwawasan lingkungan. Jurnal benefit, vol. 9, No. 2, Desember. Hal. 189–201.

Kotler, Philip. (2002) Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium, PT. Prenhallindo Jakarta.

Queensland Goverment, 2002. Green Marketing-The Competitive Advantage of Sustainability.

Samdahl, D.M. & R. Robertson. (1989) “Social determinants of environmental concern: specification and test of the model”, Environment and Behavior, Vol. 21, No. 1, pp. 57–81.

Straughan, Robert D. & James A. Roberts. (1999) “Environmental segmentation alternatives: a look at green consumer behavior in the new millennium,” Journal of Consumer Marketing, Vol. 16, No. 6, pp. 558–575.

Sugiyono. (2007) Statistik untuk Penelitian, cetakan keduabelas, edisi revisi, CV ALFABETA, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v4i2.2452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Fathor A.S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: