Pengaruh Pelatihan Resiliensi terhadap Perilaku Asertif pada Remaja

Zainal Abidin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pelatihan resiliensi dengan perilaku asertif pada remaja. Remaja yang mendapat pelatihan resiliensi menunjukkan bahwa tingkat asertifnya meningkat dibanding yang tidak melakukan pelatihan resiliensi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah experimental dengan mengunakan pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah siswa SMAN 1 Bangkalan Madura yang berumur antara 15–16 tahun. Untuk mengukur perilaku remaja digunakan skala perilaku asertif dari Rimm dan Masters serta Alerti dan Emmons. Hasil penelitian dengan menggunakan teknik statistik T-Test menunjukkan bahwa bahwa perilaku asertif remaja dalam kelompok yang diberi pelatihan lebih tinggi daripada kelompok kontrol.

Keywords


Pelatihan Resiliensi; Perilaku Asertif Remaja

Full Text:

PDF

References


Alberti, R and Emmons, M. (2002) Your Perfect Right.

Terjemahan. Jakarta: Gramedia.

Ardiah, A. (2003) Hubungan antara Resiliensi Ego dengan Asertivitas untuk Menolak Rokok pada Remaja. Skripsi. (Tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi. Universitas Islam Indonesia.

Dodds, J. (1995) Reciliency in Children: A Review of Recent Research. Washington, D.C. institute For Mental Health Initiative.

Fensterhem, H. & Baer, J. (1995) Jangan Bilang Ya Bila Anda Akan Menyatakan Tidak (Terjemahan). Jakarta: Gunung Jati.

Grotberg, E.H. (1999) Tapping Tour Inner Strength. How to Find The Resilience to Deal With Anything. Oakland: New Harbinger Publications, Inc.

Hadi, S. (1995) Metodologi Research. Jilid I (Cetakan XXVIII). Yogyakarta: Andi Offset.

Hardjana, A. M. (2001) Training Sumber Daya Manusia yang Efektif. Yogyakarta: Kanisius.

Hurlock, E.B. (1997) Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Lloyd, S.R. (1991) Mengembangkan Perilaku Asertif yang Positif. Jakarta: Bina Aksara Rupa.

Rakos, R.F. (1991) Assertive Behavior. Theory, Research and Training. London: Routledge.

Reivich, K. & Shatte, A. (2002) The Resilince Factor. 7 Essential Skill for Overcoming Life’s Inevitable Obstacle. New York: Random House, Inc.

Setiono, V. (2005) PelatihanAseritvitas dan Peningkatan Perilaku Asertif pada Siswa-Siswi SMP. Anima Journal of Indonesian Psychological Anima,

Vol. 20. No. 2, 149-168.

Lazarus, A.a. (l976) Patterns of Adjusment. 3rd edition.

Tokyo: McGraw Hill Kogakusha Ltd.

Latipun. (2004) Psikologi Eksperimen. Ed 2. Malang: UMM Press.

Moleong, Lexy J. (2000) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakos, R.F. (l99l) Assertive Behavior: Theory, Research and Training. New York: Routledge. Rathus, S.A. (l986) Essentials of Psychology. New

York: Holt Rinehart and Winston.

Taumbman, B. (l976) How To Become an Assertive Woman. New York: John Willey and Son Inc.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v4i2.2451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Zainal Abidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: