Model Pengajaran Bilingual pada Anak Usia Dini pada SD Anak Saleh Sidoarjo

Imron Wakhid Harits

Abstract


Penelitian ini akan mengeksplorasi dan mengamati model bilingualisme, guru di sekolah, khususnya bagi para peserta dwibahasa muda di sekolah dasar. Situs penelitian adalah Anak SD Sidoarjo, karena sekolah menerapkan sistem bilingual selama lima tahun. Ini berarti bahwa peneliti bisa mendapatkan banyak hal yang berguna untuk pencarian ini. Penelitian ini juga akan mengamati pelaksanaan dan dampak dari sistem bilingual pendidikan, antara bahasa Inggris dan Bahasa. Hasil pencarian permintaan untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai media pengajaran (WMO) dan Inggris sebagai media pengajaran (EMI). Sementara itu, efek dari bilingualisme menunjuk penggunaan bahasa Inggris sebagai pembelajar komunikatif sehari-hari di sekolah, gaya pembelajar bahasa dan bermain dengan bahasa.

Keywords


dua bahasa; Bahasa Inggris sebagai Media Pengajaran (EMT); bahasa Inggris sebagai Instruksi Media

Full Text:

PDF

References


Bialystok, Ellen. (1992) Language Processing in Bilingual Children. New York: Cambridge.

Chaika, Elaine. ( 1982) Language, The Social Mirror. Massachussetts: Newbury House Publishers Inc.

Cohen, A.D., M. Swain. (1976). “Bilingual Education: the immersion model in the North American Context”. TESOL Journal, 10.1. p. 144.

Cook, Vivian. (1993). Linguistics and Second Language Acquisition. London: McMillan Press.

Genessee, Fred et al. (2005). “English Language Learners in U.S. School: An Overview of Research Findings”. Journal of Education for student placed at risk. Vol. 10 No. 4. pp. 363–4.

Harmer, Jeremi. (2001) The Practice of English Language Teaching.Essex: Pearson Longman

Heinich, Robert et al. (1982) Instructional Media and The New Technologies of Instruction. Canada: John Willey and Son.

Nurcahyo, Agung Dwi. (2010) Promoting the Use of Classroom Language to succeed the International Standard School Program. Universitas Muria Kudus. Makalah presentasi pada International Conference 20–22 April 2010 di ITB Bandung.

Prajitno, Danawati Hari. (2004) Second Language Acquisition: from Theory to Practice. Universitas Widya Mandala. Makalah.

Setiawan, Didang. (2004) “Konstruktivisme dalam Pembelajaran: Artikel Buletin Pusat Perbukuan DEPDIKNAS. Vol. 10 pp. 28–9.

Underwood, Mary. (1987) Effective Class Management.

London: Longman.

Ur, Penny. (1991) A Course in Language Teaching.

London: Cambridge.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v3i2.2418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Imron Wakhid Harits

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: