EFEKTIVITAS PELATIHAN MINDFULNESS TERHADAP PENURUNAN STRES KORBAN KEKERASAN DALAM PACARAN (KDP)

Nur Aziz Afandi, Hera Wahyuni, Andhini Yudiasari Adawiyah

Abstract


Kekerasan dalam pacaran adalah segala bentuk tindakan yang mempunyai unsur pemaksaan, tekanan, perusakan, dan pelecehan fisik maupun psikologis yang terjadi dalam hubungan pacaran. Kekerasan dalam pacaran dapat berupa kekerasan fisik, mental/psikis, ekonomi dan seksual. Kekerasan tersebut dapat berdampak secara psikologi yaitu berupa stres yang dialami oleh si korban. Meditasi adalah salah satu teknik yang dapat digunakan untuk menurunkan stres karena meditasi dapat menjadikan seseorang dapat mencapai gelombang otak alpha yaitu frekuensi gelombang otak yang rendah atau gelombang otak yang terjadi dalam kondisi yang rileks tanpa stres. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas latihan mindfulness dalam menurunkan stres korban kekerasan dalam pacaran. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain eksperimen semu dirancang dengan melakukan pemeriksaan sebelum dan setelah pemberian intervensi. Data dalam penelitian ini adalah kualitatif yang didapatkan melalui wawancara tentang keadaan stres yang dialami subjek sebelum dan sesudah diberikannya intervensi. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang telah mengalami kekerasan dalam pacaran ada diantaranya yang kekerasan seksual, kekerasan psikologis dan kekerasan fisik. Perlakuan atau intervensi diberikan kepada subjek selama 3 kali pertemuan dalam 2 hari yang meliputi latihan pernafasan, body scanning dan latihan mindfulness serta dilengkapi dengan identifikasi terhadap beberapa faktor dalam diri subjek yang menyiapkan bagi terjadinya tindak kekerasan dalam pacaran. Hasil penelitian membuktikan bahwa beberapa reaksi stres yang dapat diamati dari beberapa gejala stres seperti fisiologis, emosional, kognitif, interpersonal dan organisasional mengalami pengurangan. Dengan demikian maka, pelatihan mindfulness dapat digunakan sebagai cara untuk menurunkan stres pada korban kekerasan dalam pacaran mahasiswa.

Keywords


meditasi; body scanning; mindfulness; kekerasan dalam pacaran; stres; gelombang otak alpha

Full Text:

PDF

References


Afandi, N., A., (2007). Pelatihan Meditasi Mindfulness Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Survivor Gempa Bumi Bantul. Tesis. Fakultas Psikologi. Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Afandi, N., A., (2009) Pengaruh Meditasi Mindfulness Terhadap Tingkat Penerimaan Diri Mahasiswa. Pamator Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Humaniora. Volume 2, Nomor 2, Juli 2009.

Afandi, N., A., (2012) Pengaruh Pelatihan Mindfulness Terhadap Peningkatan Kontrol Diri Siswa SMA. Pamator Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Humaniora. Volume 5, Nomor 1, April 2012.

Ariestina, D., Kekerasan dalam Pacaran pada Siswi SMA di Jakarta. KESMAS, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol. 3, No. 4, Februari 2009

Atkinson, R.L., dkk. (tt) Pengantar Psikologi. Jakarta: Airlangga

Dayakisni, Tri & Hudaniah. 2009. Psikologi Sosial. Malang : UMM Press

Ferlita, Gracia. 2008. Sikap terhadap Kekerasan dalam Berpacaran (Penelitian pada Mahasiswi Reguler Universitas Esa Unggul yang Memiliki Pacar). Junal Psikologi : Vol 6. No 1. Jakarta : Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul

Hayati E.N., dkk (2012). Kekerasan Dalam Pacaran Dan Kecemasan Remaja Putri Di Kabupaten Purworejo. KES MAS Vol. 6 No. 1, Januari 2012 : 1 – 74

Jessica, M., (2007) Dampak Psikologis Pada Dewasa Muda Korban Kekerasan dalam Berpacaran. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Nevid, J. S., & Rathus, S. A. (2002). Psychology and The Challenge of Life: Adjustment in The New Millenium. Eight Edition. Danver: John Willey & Sons, Inc.

Komnas Perempuan, (2014) Lembar Fakta Catatan Tahunan (CATAHU) Komnas Perempuan Tahun 2013. Online : (http://www.komnasperempuan.or.id/wp-content/uploads/2014/03/Lembar-Fakta-Catatan-Tahunan-2013.pdf) (diakses : 29 September 2014)

Pestonjee, D.M. (1992). Stress and Coping. New Delhi: Sage Publication India

Safaria, T. (2005). Autisme: Pemahaman Baru Untuk Hidup Bermakna Bagi Orang Tua. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence. Edisi 6. Jakarta: Erlangga.

Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Windha Ayu Safitri, W.A., & Sama'i (2013) Dampak Kekerasan Dalam Berpacaran (The Impact Of Violence In Dating). Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa UNEJ 2013, I (1): 1-6




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v8i2.2060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Nur Aziz Afandi, Hera Wahyuni, Andhini Yudiasari Adawiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: