Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Materi Pemanasan Global Dengan Sola Berbasis Pendekatan Socioscientific Issues (SSI)

Sa'adah Sa'adah, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Aida Fikriyah, Laila Khamsatul Muharrami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kemampuan berpikir kritis dan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global dengan soal berbasis pendekatan socioscientific issues (SSI). Jenis penelitian yang digunakan adalah mix method design dengan desain penelitian explanatory mix method design. Tes diberikan melalui google form, dikarenakan pada saat pengambilan data terdapat pandemi virus Covid-19. Populasi penelitian adalah siswa-siswi kelas VII SMPN 06 Gresik, sedangkan sampel penelitian diambil sebanyak 20 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sedangkan sampel yang digunakan saat melakukan wawancara sebanyak 5 orang dengan memakai rumus standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) berdasarkan standar deviasi persentase kemampuan berpikir kritis siswa kategori tinggi 5%, kategori sedang 85%, dan kategori sangat rendah 10%. 2) Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa rata-rata tergolong sedang.


Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis;Socioscientific Issues (SSI)

References


Aisya, Na'afi, Yuni Wibowo dan Tien Aminatun. (2016). The Influence Of Socio-Scientific Issues On Reflective Judgment Of High Schol's Student In Ecosystem Material. Jurnal Bioedukatika, 4(2).

Akbar, Sa'dun. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Andryani, Fitrian, Hamsiah Djafar dan Muhammad Qaddafi. (2016). Penerapan Pendektan SSI (Socio-Scientific Issues) dengan Menggunakan Media Power Point terhadap Kemampuan Berpikir Kitis pada Mahasiswa Baru Angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2).

Antoko, Doni dan Euis Ismayanti. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik Di SMK Raden Patah Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2).

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking; An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities, (Online), (http://education.illinois.edu), diakses 22 November 2019.

Gay, L. R., Mills, G. E., & Airaian, P. (2012). Educational Research Competency for Analysis and Application. USA: Pearson Education Inc.

Hairida. (2016). The Effectiveness Using Inquiry Based Natural Science Module With Authentic Assessment to Improve The Critical Thinking And Inquiry Skills of Junior High School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 209-215.

Insyasiska, Dewi, Siti Zubaidah dan Herawati Susilo. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9-21.

Miles and Huberman. (1994). Qualitative Data Analysis Second Edition. California: SAGE Publications.

Prameswari et al., (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Conference Series, 1(1).

Purwati et. al, (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Kadikma, 7(1).

Rahayu, D. N. G., Harijanto, A., & Lesmono, A. D. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir kritis siswa sma pada materi fluida dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 162–167.

Setyaningsih, Desi Eka Nur, dan Astuti Wijayanti. (2018). The Developing Of Simple Props Based On Guided Inquiry To Improve Students' Critical Thinking Skill's. Jurnal Pena Sains, 5(1).

Subiantoro, Agung Wijaya. (2017). Promoting Socio-scientific Issues-based Learning in Biology: Indonesian Students' and Teacher's Perceptions and Students' Informal Reasoning. Thesis Sience Education, The Degree of Doctor of Science Education of Curtin University.

Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Press.

Suyono dan Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syafril. (2019). Statistik Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Talens, Joy. (2016). Teaching with Socio-Scientific Issues in Physical Science: Teacher and Students' Experiences. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(4), 271-283.

Wilsa, Asrizal Wahdan, Sri Mulyani Endang Susilowati dan Enni Suwarsi Rahayu. (2017). Problem Based Learning Berbasis Socio-Scientific Issue Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa. Journal of Innovative Science Education, 6(1).




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.