DESKRIPSI PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN TEORI APOS PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR

Fatimatuz Zahroh, Yunin Hidayati, Nur Qomaria, Mochammad Ahied

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui faktor kemampuan pemahaman siswa berdasarkan teori APOS pada pokok bahasan suhu dan kalor. Pengambilan  sampel penelitian  menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling. Subjek penelitian yaitu 21 siswa kelas VII-D SMP Negeri 278 Jakarta tahun ajaran 2019/2020. Jenis yaitu mixed methods dengan explanatory sequential mixed methods design. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil tes pemahaman siswa berdasarkan teori APOS adalah 53,33% siswa melalui tahap aksi, 33,33% siswa melalui tahap proses, 12,28% siswa melalui tahap objek, 2,85% siswa melalui tahap skema. Faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa adalah pemahaman pada soal, cara menghitung perubahan satuan suhu, penggunaan tanda + (plus) dan – (minus) pada suhu, lupa pada rumus yang harus digunakan dan cara penyelesaiannya pada pemuaian, miskonsepsi pada kalor, tidak memahami mekanisme perubahan suhu dan hubungannya dengan kalor serta kurangnya pemahaman pada perubahan suhu, pemuaian dan kalor

Keywords


pemahaman siswa, suhu, kalor, teori APOS

References


Anam, M. K., Suharto, Murtikusuma, randi pratama, Hobri, & Oktavianingtyas, E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Teori Apos (Action, Process, Object, Schema) Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Florence Littauer. Kadikma, 9(2), 49–58.

Anwar, Y. S., & Abdillah. (2016). Penerapan Teori APOS ( Action , Process , Object , Schema ) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Program Linier bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2015/2016. Paedagoria, 14(2), 53–60.

Bobrowsky, M. (2007). The Process of Science and its Interaction with Non-Scientific Ideas. Washington : American Astronomical Society.

Borji, V., Font, V., Alamolhodaei, H., & Sánchez, alicia. (2018). Application of the Complementarities of Two Theories , APOS and OSA , for the Analysis of the University Students ’ Understanding on the Graph of the Function and its Derivative. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(6), 2301–2315.

Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Suhu Dan Kalor Di Kelas X SMA Ar-Risalah Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education and Instruction, 1(1), 42–50.

Ilyas. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Journal of Nonformal Education, 2(1), 91–98.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16.

Rahayu, P., Prastowo, sri handono budi, & Harijanto, A. (2018). Indentifikasi Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Melalui Three Tier Test Pada Siswa SMA Kelas XI. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, 3, 226–230.

Rahmah, N. (2013). Belajar bermakna ausubel. Al-Khawarizmi, 1, 43–48.

Rodiah, S., & Triyana, V. A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX MTs pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gender. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1).

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ( SPLDV ). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Syamsuri, Purwanto, Subanji, & Irawati, S. (2017). Using APOS Theory Framework : Why Did Students Unable to Construct a Formal Proof ? International Journal on Emerging Mathemtics Education, 1(2), 135–146.

Yolanda, R., Syuhendri, & Andriani, N. (2016). Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Ilir Barat I Palembang Pada Materi Suhu Dan Kalor Dengan Instrumen TTCI Dan CRI. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1–13.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.