Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Materi Pencemaran Lingkungan

Tria Masitah, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Wiwin Puspita Hadi, Nur Qomaria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentikasi profil kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VII. Penelitian menggunakan jenis penelitian campuran (mix methods) dengan model sequinteal explanatory dilakukan pada siswa SMP Negeri 3 Sampang dengan jumlah populasi siswa SMP kelas VII dan jumlah sampel 32 siswa tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik tes. Data penelitian diperoleh dari analisis jawaban siswa terhadap tes kemampuan berpikir kritis. Pada penelitian ini menggunakan indikator kemampuan berpikir kritis menurut Ennis, yaitu memberikan penjelasan sederhana, membuat keterampilan dasar, serta mengatur strategi dan teknik. Hasil penelitian kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VII di SMP Negeri 3 Sampang masuk dalam kriteria rendah dengan persentase 56,25%. Namun secara kuantitatif sebesar 12,5% siswa kemampuan berpikir kritis sedang dan siswa kemampuan berpikir kritis tinggi sebesar 31,25%. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis kriteria tinggi mampu memenuhi tiga indikator. Siswa kemampuan berpikir kritis sedang menjawab pertanyaan kurang detail. Siswa kemampuan berpikir kritis rendah menulis jawaban tidak sesuai dengan pertanyaaan.


Keywords


Berpikir kritis ; Pencemaran lingkungan

References


Alexandra, G., & Ratu, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Pada Materi. Jurnal Mosharafa. Vol 7(1). pp 32–34.

Dahliana, P., Khaldun, I., & Saminan. (2018). Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol 06(06). pp 101–106. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.12477

Gay, L.R., Millis, G. E., & Airasian, P. W. (2012). Educational research (Edisi ke-1; J. W. Johnstone, ed). America.

Habibah, R. S., Ruhimat, T., & Supriatna, M. (2018). Strategi Pembelajaran Multliterasi Untuk Mengembangkan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Imu Pendidikan Dan Pengajaran. Vol5(3). pp 1–10.

Hanib, M. T., Suhadi, &Indriwati, S. E. (2017). Penerapan Pembelajaran Process OrientedGuided Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Karakter Siswa Kelas X. Pendidikan. Vol 2(1). pp 22–31.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Herawati, S. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 7(1). pp 9–21.

Mardiani, Maasawet, T. E., dan Hardoko, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Team Asissted Individualization Dengan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis SiswaKelas X SMA Negeri 2 Loa Janan Kutai Kartanegara. Jurnal Riset Pedagogik. Vol 2(1). pp 32–42. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jdc

Noer, S. H., dan Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Representasi Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika. Vol 11(2). pp 17–31. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751

Purwati, R., Hobri, & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Kadikma. Vol 7(1). pp 84–93.

Toharudin, U. (2017). Critical Thinking and Problem Solving Skills : How These Skills Are Needed in Educational Psychology? International Journal of Science and Research. Vol 6(3). pp 1-5 https://doi.org/10.21275/ART20171836

Wiyoko, T. (2019). Analisis Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Dengan Graded Response Models Pada Pembelajaran IPA Analysis Of Capability Profile Of Critical Thinking Of PGSD Students With Graded Response On Science Learning. Indonesia J. Integr. Sci. Education (IJIS Edu). Vol 1(1). pp 25–32.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.