ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP PADA MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI

Suci Rahayu, Mochammad Ahied, Wiwin Puspita Hadi, Ana Yuniasti Retno Wulandari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa SMP. Penelitian menggunakan desain dominant-less dominant dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan pada SMP Kelas VIII dengan populasi semua siswa kelas VIII di Desa Talangkembar Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Sampel yang digunakan yaitu 15 siswa kelas VIII di Desa Talangkembar Montong-Tuban. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: (1) siswa kelas VIII di Desa Talangkembar Montong-Tuban rata-rata memiliki keterampilan proses sains yang sedang menyelesaikan soal pada materi tersebut (2) pencapaian siswa tiap indikator yaitu mengamati sebesar 75,00%, memprediksi sebesar 62,67%, merencanakan percobaan sebesar 62,67%, menginterpretasi data sebesar 36,00%, menyimpulkan sebesar 49,33%, dan mengkomunikasikan sebesar 60,33%.

References


Agustina, Putri & Alanindra Saputra. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi P. Biologi FKIP UMS Tahun Ajaran 2015/2016). Prosiding SNPS Seminar Nasional Pendidikan Sains 2017, Surakarta.

Amnah, R., Rauf, A. Rasul, M. & Lyndon, N. ((2017). Inculcation of Science Process Skills in a Science Classroom. 9(8), 47-57. https://doi.org/10.5539/ass.v9n8p47.

Amnie, E., Abdurrahman, & Ertikanto, C. (2015). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Ranah Kognitif. Jurnal Pembelajaran Fisika , 2(7).

Azwar, S., (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixwed Methods Approaches. United States of America: SAGE Publications.

Dahar, R. W. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Juhji. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA,65.

Kartimi, dkk. 2013. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pengajaran Biologi untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII di SMPN 1 Talun. Jurnal Scientiae Educatia, Vol 2: 82.

Komekesari. (2016). Keterampilan proses sains (KPS) pada pelaksanaan praktikum Fisika Dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 49–54. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/2474/1828

Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Countenace Stake. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan.Vol 19, No. 1 Hal 227.

Nurhasannah, (2016). Pengguna Tes Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa dalam Pembelajaran Konsep Kalor Dengan Model Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Jakarta: UIN Syarif Hidyatulullah.

Ongowo, R. O., & Indoshi, F. C. (2013). Science process skills in the Kenya certificate of secondary education biology practical examinations. Creative Education, 04(11), 713–717. https://doi.org/10.4236/ce.2013.411101

Sukarno. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Sma. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 3(2). https://doi.org/10.15294/upej.v3i2.3592

Tawil, Muh dan Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Utaminingsih, R., Rahayu, A., & Andini, D. W. (2018). Pengembangan RPP IPA Sekolah Dasar Berbasis Problem-Based Learning untuk Siswa Learning Disabilities. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 191–202.

Widodo. (2014). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Experiential Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 45. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p45-52

Yuliati, Y, (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas (Vol.2) http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/335/315




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.