ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP PADA MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina, Putri & Alanindra Saputra. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi P. Biologi FKIP UMS Tahun Ajaran 2015/2016). Prosiding SNPS Seminar Nasional Pendidikan Sains 2017, Surakarta.
Amnah, R., Rauf, A. Rasul, M. & Lyndon, N. ((2017). Inculcation of Science Process Skills in a Science Classroom. 9(8), 47-57. https://doi.org/10.5539/ass.v9n8p47.
Amnie, E., Abdurrahman, & Ertikanto, C. (2015). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Ranah Kognitif. Jurnal Pembelajaran Fisika , 2(7).
Azwar, S., (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixwed Methods Approaches. United States of America: SAGE Publications.
Dahar, R. W. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Juhji. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA,65.
Kartimi, dkk. 2013. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pengajaran Biologi untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII di SMPN 1 Talun. Jurnal Scientiae Educatia, Vol 2: 82.
Komekesari. (2016). Keterampilan proses sains (KPS) pada pelaksanaan praktikum Fisika Dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 49–54. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/2474/1828
Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Countenace Stake. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan.Vol 19, No. 1 Hal 227.
Nurhasannah, (2016). Pengguna Tes Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa dalam Pembelajaran Konsep Kalor Dengan Model Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Jakarta: UIN Syarif Hidyatulullah.
Ongowo, R. O., & Indoshi, F. C. (2013). Science process skills in the Kenya certificate of secondary education biology practical examinations. Creative Education, 04(11), 713–717. https://doi.org/10.4236/ce.2013.411101
Sukarno. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Sma. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 3(2). https://doi.org/10.15294/upej.v3i2.3592
Tawil, Muh dan Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar
Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Utaminingsih, R., Rahayu, A., & Andini, D. W. (2018). Pengembangan RPP IPA Sekolah Dasar Berbasis Problem-Based Learning untuk Siswa Learning Disabilities. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 191–202.
Widodo. (2014). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Experiential Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 45. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p45-52
Yuliati, Y, (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas (Vol.2) http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/335/315
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8389
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.