Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesalahan yang Dilakukan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Hots: Analisis Newman

Lailatun Najahah, Mochammad Ahied, Irsad Rosidi, Fatimatul Munawaroh

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jenis kesalahan, dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS. Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian diambil 6 dari 15 siswa yang mengikuti tes soal HOTS yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berupa kesalahan membaca (reading errors), kesalahan memahami (comprehension errors), kesalahan penulisan rumus (transformation errors), kesalahan keterampilan proses (process skill errors), dan kesalahan penentuan jawaban akhir (encoding error). Faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa adala tidak paham konsep, kesalahan proses berpikir, lupa, kurang teliti, tidak mengetahui rumus dan langkah penyelesaian soal, dan pengaruh dari kesalahan pada tahapan sebelumnya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya dengan menyertakan cara yang tepat untuk mengatasi kesalahan siswa dengan memperdalam literasi yang digunakan sebagai penguat teori.


References


Ayurachmawati, P., & Widodo, A. (2016). Analisis Kemampuan Inkuiri Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 217–227.

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal for Research in Mathematics Learning, 1(1), 71–78.

Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & Wulandari, N. F. (2018). The Difficalties of High School Student In Solving Higher-Order Thinking Skills Problems. PROBLEMS OF EDUCATION IN THE 21st CENTURY, 76(4).

Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).

Oktaviana, D. (2018). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719

Pratiwi, E. D., Linuwih, S., & Artikel, I. (2017). Pengembangan alat peraga Hukum Archimedes untuk siswa kelas VIII SMP. Physics Communication, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.15294/physcomm.v1i1.8969

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM Menyelesaikan soal cerita persamaan linier satu variabel. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165–174.

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan analisis newman. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41–45.

Yee, M. H., Yunos, J., Othman, W., Hassan, R., Tee, T. K., & Mohaffyza, M. (2015). Disparity of Learning Styles and Higher Order Thinking Skills among Technical Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 204(November 2014), 143–152. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.127




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.