PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI MENGGUNAKAN SOAL BERBANTUAN PROMPTING QUESTION
Abstract
Berpikir kritis melibatkan proses berpikir dalam menerima, mengolah, menganalisis, mensistesis dan mengevaluasi melalui suatu metode ilmiah untuk memperoleh keputusan pemecahan masalah. Pokok bahasan penelitian yakni terkait persentase tingkat keterampilan berpikir kritis dan tingkat keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi getaran, gelombang dan bunyi menggunakan soal berbantuan prompting question. Jenis penelitian menggunakan mix method dengan desain explanatory sequential. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP di Desa Sungonlegowo Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel sebanyak 20 siswa kelas VIII SMP diberikan tes keterampilan berpikir kritis kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Persentase keterampilan berpikir kritis tinggi sebesar 20%, kategori sedang 60%, dan kategori rendah 20%. Tingkat keterampilan berpikir kritis siswa rata-rata tergolong sedang. Siswa rata-rata kurang mampu memenuhi indikator keterampilan berpikir kritis Ennis (1991).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar.
Baharuddin, Indana, S., & Koestiari, T. (2017). Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tugas Proyek Materi Sistem Ekskresi untuk Menuntaskan Hasill Belajar Siswa SMP. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 81–97. www.jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Bature, I. J., & Jibrin, A. G. (2015). The Perception of Preservice Mathematics Teachers on the Role of Scaffolding in Achieving Quality Mathematics Classroom Instruction. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 3(4), 275. https://doi.org/10.18404/ijemst.76395
Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran (Y. S. Hayati (ed.)). Erlangga.
Dewi, I. P. M., Suryadarma, I. G. P., Wilujeng, I., & Wahyuningsih, S. (2017). The Effect of Science Learning Integrated with Local Potential of Wood Carving and Pottery towards The Junior High School Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 103–109. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.9598
Ennis, R. (1991). Critical Thinking: A Streamlined Conception. Teaching Philosophy, 14(5–24).
Gusmardin, Y., Bektiarso, S., & Wicaksono, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Disertai Scaffolding Prompting Questioning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Gerak Lurus di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2), 93–100.
Guspatni, Anromeda, & Bayharti. (2018). Peningkatan Aktivitas Menjawab dan Kualitas Jawaban Mahasiswa dengan Pertanyaan Prompting pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Kimia. Jurnal Eksakta Pendidikan, 2(1), 101–107.
Miles, N. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications, Inc.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
Nugroho, P. B. (2017). Scaffolding Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Silogisme, 2(1), 15–21.
Nurhayati, Munawaroh, F., Wulandari, A. Y. R., & Ahied, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Susan Loucks Horsley Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Natural Science Education Research, 1(2), 99–107.
Permadi, U. N., & Huda, A. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar SMK. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(4), 30–39.
Rahayu, D. N. G., Harijanto, A., & Lesmono, A. D. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir kritis siswa sma pada materi fluida dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 162–167.
Roosyanti, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif. Jurnal Pena Sains, 4(1), 60. https://doi.org/10.21107/jps.v4i1.2860
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.
Saregar, A., Irwandani, Abdurrahman, Parmin, Septiana, S., Diani, R., & Sagala, R. (2018). Temperature and Heat Learning Through SSCS Model with Scaffolding: Impact on Students’ Critical Thinking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 6(3), 39–54. https://doi.org/10.17478/JEGYS.2018.80
Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Press.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016a). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 605–612.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016b). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 605–612.
Susilawati, E., Agustinasari, Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11–16.
Viana, R. V., & Subroto. (2016). Pengembangan Sistem Assessment dalam Pembelajaran Materi Usaha dan Energi Berbasis Media Audio Visual di SMA Negeri 1 Prambanan. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(5), 311–319.
Wulan, D. A., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Melalui Teknik Probing-Prompting. JES-MAT, 3(2), 205–216.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8353
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.