ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN HARIAN IPA MENGGUNAKAN SOFTWARE ANATES PADA PENDEKATAN TEORI TES KLASIK
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kualitas ulangan harian IPA materi “Tanah dan Kehidupan” melalui pendekatan klasik yang terdiri dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ex post facto. Penelitian dilaksanaan di UPTD SMPN 1 Bangkalan dengan subjek sejumlah 145 peserta didik yang terdiri dari kelas IX-F sampai IX-J Tahun Ajaran 2019/2020. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi dan tes kemudian dianalisis dengan software anates. Hasil yang diperoleh yaitu validitas masih rendah, reliabilitas yang belum reliabel, tingkat kesukaran dan daya beda yang cukup baik, serta evektifitas pengecoh yang kurang baik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anita, Tyowati, S., & Zuldafrial. (2018). Analisis Kualitas Butir Soal Fisika Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan, 16(1), 35–47.
Azhary. (2015). Analisis Assesment Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 17 Palu. E-Jurnal Bahasantodea, 4(1), 39–47.
Azis. (2016). Analisis Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Kelas V SD 1 Katobengke. Edumatica, 06(01), 15–24.
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64.
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–189.
Handani, H. A., & Prayitno, H. J. (2015). Validitas dan Reliabilitas Soal Tengah Semester Genap Kaitannya dengan Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII A SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014. University Research Colloquium, 2(1), 193–206.
Irmayta, E., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan pada Materi Asam Basa Arrhenius. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 7(1), 63–76.
Iskandar, A., & Rizal, M. (2017). Analisis Kualitas Soal di Perguruan Tinggi Berbasis Aplikasi TAP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 13–23.
Kurniawan, R., Prakoso, A., Hakim, L., Dewi, R., & Irin, W. (2017). Pemberian Pelatihan Analisis Butir Soal Bagi Guru di Kabupaten Jombang EfektifJurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 179–193.
Kurniawan, T. (2015). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(4), 1–6.
Lestari, S., Wardana, M. Y. S., & Rahmawati, I. (2019). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Kecamatan Petarukan Tahun 2018/2019. Elementary Shcool Jurnal, 9(2), 118–125.
Lubis, S. S., Syarifuddin, & Dongoran, H. (2017). Analisis Butir Soal dan Kemampuan Siswa Menjawab Tes UN dan UAS Ganjil Mata Pelajran Biologi Kelas IX SMAN/MAN di Kota Medan. 5(3), 318–325.
Magdalena, L., Nurkhofifah, A., & Hatta, M. (2015). Aplikasi Ulangan Harian Menggunakan Systematic Random Sampling Berbasis Web Studi Kasus: SMKN 1 Bulakamba-Brebes. Jurnal Digit, 5(2), 133–145.
Nurhasanah, & Ahmad, H. (2017). Analisis Soal Ujian Tengah Semester (UTS) Mata Kuliah Geometri. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU, 13(1), 30–42.
Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akutansi. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, XIV(1), 85–94.
Rahmasari, D., & Ismiyati. (2016). Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 317–330.
Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia. (2015). Analisis Validitas Reabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203–217.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8133
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.