UJI KELAYAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT DISERTAI PERMAINAN JEOPARDY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Wardatul Mawaddah, Mochammad Ahied, Wiwin Puspita Hadi, Ana Yuniasti Retno Wulandari

Sari


Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk, dan motivasi belajar siswa terhadap multimedia interaktif berbasis Powerpoint disertai permainan Jeopardy. Dilaksanakan di SMP Negeri 2 Manyar Tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-C dengan teknik pengambilan random sampling. Kelayakan produk ditunjukkan dari aspek media dan aspek materi yang memberikan rata-rata 92,42% dengan kriteria sangat layak. Media pembelajaran yang dikembangkan mampu memberikan pengaruh motivasi belajar yang sangat baik dengan nilai 81,83%. Berdasrkan hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh positif antara multimedia interaktif berbasis Powerpoint disertai permainan Jeopardy terhadap motivasi belajar siswa.

 


Kata Kunci


Motivasi Belajar; Mutimedia Interaktif; Permainan Jeopardy

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aina, M. (2013). Efektifitas Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA-Biologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pria dan Wanita SMP 9 Kota Jambi. In Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.

Alizamar. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran: Implementasi dalam Bimbingan Kelompok Belajar di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Media Akademi.

Atmawarni. (2015). Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran yang Inovatif di Sekolah. Jurnal Ilmu Sosial, 4(1), 20–27.

Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Android pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Matematics Education, 1(1), 63–70.

Damayanti, D. S., Ngazizah, N., & K, E. S. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Radiasi, 3(1), 58–62.

Firdaus, A., Samhati, S., & Suyanto, E. (2014). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Erlangga Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 4(6), 1–12.

Gunawan, H. B. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Website pada Materi Pokok Perubahan Zat Untuk Peserta Didik SMP/MTs. Skripsi Pendidikan Kimia. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Harjali. (2016). Strategi Guru dalam Lingkungan Belajar yang Kondusif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(1), 10–19.

Harjianto. (2017). Pengaruh Ketersediaan Media Audio Visual Terhadap Keaktifan Belajar PKn Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Boangorejo Banyuwangi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 1–11.

Hidayah, U., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2016). Konsistensi Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator pada Evaluasi Guru dalam Pembelajaran Eksposisi Berdasarkan Kurikulum 2013 Siswa Kelas X MAN PATAS. e-Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha, 5(3), 1–12.

Indrasari, A. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran IPA melalui Penerapan Metode Penemuan Terbimbing. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(20), 1.887–1.898.

Jabeen, L., Iqbal, N., Haider N., & Ibal, S. (2015). Cross Correlation Analysis of Reward & Punishment on Students Learning Behavior. International Letters of Social and Humanistic Sciences, 59(6), 61–64.

Lestari, K. E. K. A., & Kunci, K. (2014). Implementasu Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 2(November), 36–46.

Monemi, R., Lufri, & Leilani, I. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point Disertai Game Kuis Course Maze pada Materi Sistem Ekskresi untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Berkala Ilmu Bidang Biologi, 1(2), 252–261.

Munir. (2012). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Osman, K., & Lee, T. T. (2014). Impact of Interactive Multimedia Module With Pedagogical Agents on Students’ Understanding and Motivation in the Learning of Electrochemistry. International Journal of Science and Mathematics Education, 12(2), 395–421.

Rajendra, I. M., & Sudana, I. M. (2018). The Influence of Interactive Multimedia Technology to Enhance Achievement Student on Practice Skills in Mechanical Technology. In The 2nd International Joint Conference on Science and Technology.

Rehalat, A. (2018). Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 1–10¬.

Riduwan. (2014). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Rohman, M & Sofan, A. (2016). Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Rusdi. 92018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan: Konsep, Prosedur, dan Sintesis Pengetahuan Baru. Depok: Rajawali Pers.

Septiani, A., Syakbaniah, & Mufit, F. (2013). Pengembangan Bahan Ajar CD Interaktif Materi Suhu dan Kalor Berbantuan Powerpoint Materi Suhu dan Kalor untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMA. Pillar of Physics Education, 2, 49–56.

Subroto, A. G., Kiswardianta, R. B., & Laksana, M. S. D. (2016). Pemanfaatan Media Monopoli untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Sugihwaras Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2015/2016. Florea, 3(2), 49–54.

Tantriadi, Y. (2013). Pembuatan Ensiklopedia Interaktif Tata Surya Untuk anak SMP. Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 1–7.

Uno, H.B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Wati, E.R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

 

   BASE - Bielefeld Academic Search Engine