APLIKASI RASCH MODEL: IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA BERBANTUAN MEDIA KIT MEKANIKA

Holidatus Saadah, Mochammad Ahied, Irsad Rosidi, Ana Yuniasti Retno Wulandari

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan adanya kesulitan belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penggunaan media KIT mekanika dalam pembelajaran terhadap kesulitan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode gabungan (mix method) yaitu menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif dimana data kuantitatif dianalisis menggunakan aplikasi rasch model untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dan data kualitatif berupa wawancara dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini 75 siswa kelas VIII SMPN 1 Banyuates. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media KIT mekanika pada pembelajaran IPA dapat mengatasi kesulitan belajar siswa karena data hasil analisis dari aplikasi rasch model menunjukkan siswa dapat menjawab soal tersulit dengan nilai logit abilitas yang tinggi yaitu lebih dari +3 dan tidak ada siswa yang termasuk dalam abilitas paling rendah dengan nilai logit -2.

Kata Kunci


Kesulitan Belajar; KIT Mekanika; Rasch Model

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mix Methods Approaches. California: SAGE Publications.

Hermawan, A. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran menurut Al-Ghazali. Qathruna, 1(1), 84–98.

Hidayah, N. S., Sudarti, & Prastowo, S. H. B. (2017). Analisis Penguasaan Konsep Medan Di Sekitar Kawat Berarus Pada Siswa Kelas XII SMA Di Kabupaten Jember. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017, 2(September), 1–6.

Rosidi, I. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pena Sains. 3(1). 55-63.

Ismail. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. Jurnal Edukasi, 2, 30–43.

Maat, S. M. (2015). Psychometric Evaluation on Mathematics Beliefs Instrument Using Rasch Model. Creative Education, 6(September), 1797–1801.

Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18–29.

Sasmita, P. R. (2017). Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Media KIT Fisika: Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 06(1), 95–102. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.599

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assessment Pendidikan (1st ed.). Jakarta: Trim Komunikata.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

 

   BASE - Bielefeld Academic Search Engine