UJI KELAYAKAN BUKU AJAR BERBASIS AYAT AL-QUR’AN PADA MATERI TATA SURYA

Samsul Arifin, Yunin Hidayati, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Mochammad Ahied

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku ajar berbasis ayat Al-Qur’an pada materi tata surya. Model pengembangan menggunakan model 4D. Model pengembangan 4D terdiri dari 3 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, tanpa melalui proses penyebaran. Penilaian kelayakan oleh ahli materi adalah validitas 96,17% reliabilitas 95,57% atau layak digunakan tanpa revisi. Maka buku ajar berbasis ayat Al-Qur’an pada materi tata surya dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA.

Keywords


Buku Ajar; Ayat Al-Qur'an; Materi Tata Surya

References


Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. Jurnal Theorems, 2(1), 28–36.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dangga, M.S., & Muis, A. A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif. Makassar: Sibuku Makassar.

Fatkhurrohman, M. A., & Kusuma, W. J. (2019). The Developing of Modul on Science School Material With Pancasila Character. Jurnal Pena Sains, 6(1), 11-17.

Hafiz, A. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Al-Qur’an dan Hasits. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 29-42.

Helmi, T., Munjin, R.A., & Purnamasari, I. (2016). Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan Izin Trayek oleh DLLAJ Kabupaten Bogor. Jurnal GOVERNANSI, 2(1), 48-58.

Jagtap, P. (2016). Teachers Role as Facilitator in Learning. Jurnal SRJIS, 3(17), 3903–3905.

Karwono. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarrta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Rosdakarya.

Muslich, M. (2016). Textbook Wrating, Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Mustaming, A., Cholik, M., & Nurlaela, L. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1), 81–95.

Mustari, M., & Sari, Y. (2017). Pengembangan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 113–123.

Nugraha, D. A., Binadja, A., & Supartono. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS, Berorientasi Konstruktivistik, 2(1), 27–34.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar TematikTinjauan Teorotis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Rajagukguk, W., & Simanjuntak, E. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Terintegrasi ICT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan UNIMED, 19(2), 30-63.

Rohmah, D. F., Hariyono, & Sudarmiatin. (2017). Pengembangan Buku Ajar IPS SD Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan Penelitian dan Pengembangan, 2(5), 719-723.

Rumahlatu, D., Huliselan, E. K., & Takaria, J. (2016). An analysis of the readiness and implementation of 2013 curriculum in the west part of Seram District, Maluku Province, Indonesia. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5662–5675.

Sihotang, C., & Sibuea, A. M. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kontekstual dengan Tema “Sehat itu Penting”. Jural Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(2), 169-179.

Suwarni, E. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 86-92.

Tjasyono, H.B. (2013). Ilmu KeBumian dan Antariksa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i2.6240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.