IMPLEMENTASI MODEL AIR DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Nopi Listriawati, Yunin Hidayati, Irsad Rosidi, Fatimatul Munawaroh

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan komunikasi dan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model AIR dengan teknik probing prompting. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 3 Bojonegoro di kelas VII C dan VII F Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Keterampilan komunikasi setelah diterapkan model AIR dengan teknik probing prompting rata-rata persentase pada kelas eksperimen sebesar 48,101% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 42,893%. 2) Pemahaman konsep setelah diterapkan model AIR dengan teknik probing prompting rata-rata persentase pada kelas eksperimen sebesar 57,844% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 46,668%.

Kata Kunci


Komunikasi; Model AIR; Pemahaman Konsep; Probing Promting

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andri, Anyan, L. M. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 25 Rajang Begantung II Melalui Teknik Probing Prompting. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1).

Ardaya, D. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 72–83.

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Burhan, A. V., Suherman, & Mirna. (2014). Penerapan Model Pembelajaran AIR Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 18 Padang, 3(1), 6–11.

Fitri, S., & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory , Intellectually , and Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Jurnal E-DuMath, 2(2), 193–201.

Golu, S. F. (2016). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Bakalan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 692–702.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Istikomah, D. A. (2014). Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif di SMP N 2 Sedayu Yogyakarta. Aksioma, 3(2), 65–76.

Kamaruzzaman. (2016). Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2), 202–210.

Kemendikbud. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam. Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jakarta: Kemendikbud.

Kurniasih, N., & Haka, N. B. (2017). Penggunaan Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choice Untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria. Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 8(1), 114–127.

Linuwih, S., & Sukmawati, N. O. E. (2014). the Effectiveness of Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Learning Model on Students’ Understanding of the Concept Internal Energy. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 158–162.

Mayasari, Y., Irwan, & Mirna. (2014). Penerapan teknik probing prompting dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56–61.

Mustaming, A., Cholik, M., & Nurlaela, L. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling Dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1).

Nugroho, A. . O. and S. . (2015). Penerapan Model Creative Problem Solving Pada Pembelajaran Kalor Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Komunikasi. Unnes Physics Education Journal, 4(1), 27–31.

Pujiastutik, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran AIR ( Auditory , Intellectualy , Repetition ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Belajar Pembelajaran Application of Learning Model AIR ( Auditory , Intellectualy , Repetition ) to Improve Student Learning. Proceding Biology Education Conference, 13(1), 515–518.

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

 

   BASE - Bielefeld Academic Search Engine