Pengaruh Metode Pictorial Riddle Berbantuan Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pictorial riddle berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Giligenting dengan populasi seluruh siswa kelas VIII. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-A dan VIII-B dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U karena hasil data posttest tidak terdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji tersebut diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 kurang dari 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada pengaruh metode pictorial riddle berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar. Hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 69,84 dan kelas kontrol 62,70. Hasil presentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 87,3% dengan kriteria sangat baik.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pictorial Riddle, Powerpoint.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, Sa’dun. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Atika, N., & Mz, Z., A. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan RME untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Journal of Mathematics Education, 2(2), 103-110.
Azwar. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Himah, E. F., Bektiaro, S., & Prihandono, T. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Disertai Metode Pictorial Riddle Dalam Pembeljaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 261–267.
Masfuah, S. (2016). Pictorial Riddle Melalui Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1), 104–110.
Mustaming, A., Cholik, M., & Nurlaela, L. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran memperbaiki unit kopling dan komponen sistem pengoprasian dengan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI otomotif SMK negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1), 81–95.
Parwati, Ni N., Suryawan, I P. P., dan Apsari, R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers
Riduwan. (2013). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Silaban, B., Tarigan, G., & Siagian, P. (2014). Aplikasi Mann-Whitney Untuk Menentukan Ada Tidaknya Indeks Prestasi Mahasiswa Yang Berasal Dari Kota Medan Dengan Luar Kota Medan. Jurnal Saintia Matematika, 2(2), 173-187.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sulistianingrum, F. D., Sutrisno, & Su’aidy, M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Larutan Penyangga dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran Kimia, 2(1), 31–40.
Suprianto, Kholida, S. I., & Andi, H. J. (2016). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Fisika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 166–175.
Surtriyanti, E., Panjaitan, R. L., Sudin, A., & Study, C. T. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Pictorial Riddle Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Materi Pelestarian Lingkungan. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 331–340.
Udiani, N. K., Marhaeni, A. A. I. N., & Putu Arnyana, I. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Mengendalikan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SD No.7 Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 7(1).
Witanti, R., & Akhyar, M. (2014). Perbedaan Pengaruh Penerapan Metode inquiri dan Eksperimen terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Keaktifan Siswa Kelas IV SD di Dabin V Kecamatan Purwodadi Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 57–66.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.5595
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.