Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model EJAS

dwi rahayu krisnawati, Laila Khamsatul Muharrami, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Yunin Hidayati

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran model EJAS. Penelitian menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design dan dilaksanakan di MTsN 1 Bangkalan, populasi siswa kelas VII pada pokok bahasan Pencemaran Lingkungan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas VII A. Teknik analisis data menggunakan uji-t berpasangan dengan program SPSS versi 23 dan N-Gain skor. Pengumpulan data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif sebelum dan sesudah pembelajaran dengan model EJAS, pada keenam subtes diperoleh nilai ttabel kurang dari  thitung maka H0 ditolak dan H1 diterima, (2) Rata-rata N-Gain skor kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran model EJAS adalah 0,59 dengan kriteria sedang.

Kata Kunci: model EJAS, kemampuan berpikir kreatif, pencemaran lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Alimah, S. (2014). Model Eksperiensial Jelajah Alam Sekitar sebagai Strategi Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 21(2), 155–164.

Alimah, S., & Marianti, A. (2016). Jelajah Alam Sekitar : Pendekatan , Strategi , Model , dan Metode Pembelajaran Biologi Berkarakter untuk Konservasi. (A. Priyono, Ed.) (1st ed.). Semarang: FMIP UNNES.

Alimah, S., Susilo, H., & Amin, M. (2016). Natural Environment Exploration Approach: The Case Study in Department of Biology, Universitas Negeri Semarang. International Journal Of Environmental & Science Education, 11(12), 5710–5711.

Azhari, & Somakim. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Melalui Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyumas III. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 2–12.

Dwiantara, G. A., & Masi, L. (2016). Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 4 No. 1 Januari 2016. Jurnal Penelirian Pendidikan Matematika, 4(1), 57–70.

Ekapti, R. F. (2016). Respon Siswa Dan Guru Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Konsep Tekanan Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Sains, 3(2), 109–115.

Gay, L. ., Mills, G. E., & Airasian, P. (2012). Educational Research: Competenches For Analysis And Aplications (10th ed). Boston: PEARSON.

Handayani, R., Nurhayati, S., & Taufiq, M. (2016). Pengaruh Pendekatan JAS Berbantuan LKS PBL Terhadap KPS Siswa. Unnes Science Education Journal, 5(2), 1198–1204.

Hu, R., Wu, Y., & Shieh, C. (2016). Effects of Virtual Reality Integrated Creative Thinking Instruction o n Students ’ Creative Thinking Abilities. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(3), 477–486. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1226a

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Rochmad, S. (2016). Ruang Lingkup Pencemaran. In Buku Materi Pokok Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (pp. 1–38). Praba UT. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4450

Subali, B. (2013). Kemampuan Berpikir Pola Divergen dan Berpikir Kreatif Keterampilan Proses Sains: Contoh Kasus dalam Mata Pelajaran Biologi. (D. Haphsari, Ed.). Yogyakarta: UNY Press.

Suparman, & Husen, D. N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Bioedukasi, 3(2), 367–372.

Trianto, T. (2015). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementsinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (1st ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. D. (2018). Pengaruh Modul E- Jas Edutainment terhadap Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 70–79.

Wanabuliandari, S., Ardianti, S. D., & Rahardjo, S. (2016). Implementasi Model EJAS Berbasis Mathematic Edutainment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Perilaku Kepedulian Terhadap Lingkungan. Jurnal EduMa, 5(2), 34–41.

Wardaningrum, M. (2015). Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Model STAD Berbantukan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pena Sains, 2(1), 44–52.

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2015). Metodologi Pembelajaran IPA (1st ed.). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i2.5583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.