STUDI KORELASI ANTARA SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DENGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA MATERI EKOSISTEM

Siti Suhartinah, Yunin Hidayati, Nur Qomaria, Wiwin Puspita Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap peduli lingkungan dengan kemampuan literasi sains siswa SMP pada materi ekosistem. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Labang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto yang berjenis korelasi. Sampel yang digunakan sebanyak 174 siswa dengan teknik proposional random sampling. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa sikap peduli lingkungan berada pada kategori sedang dan kemampuan literasi sains siswa berada pada level 5. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif antara sikap peduli lingkungan dengan kemampuan literasi sains siswa SMP pada materi ekosistem.


References


Ali, L. U., Suastra, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2013). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau dari Hakikat Sains pada SMP di Kabupaten Lombok Timur. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3.

Anjarsari, P. (2014). Literasi Sains dalam Kurikulum dan Pembelajaran IPA SMP. Prosiding Semnas Pensa VI ”Peran Literasi Sains”.

Arohman, M., Saefudin, & Priyandoko, D. (2016). Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Ekosistem. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 90–92.

Astupura, D. A., & Yuliani, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Motivasi dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pokok Cahaya. EduSains, 4(1), 15–27.

Azmi, F., & Elfyetti. (2017). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Medan. Jurnal Geografi, 9(5), 125–132.

Dahtiar, A. (2015). Pembelajaran Levels Of Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP pada Konteks Energi Alternatif. Prosiding Symposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains.

Fitriani, N. H., Sari, I. M., & Liliawati, W. (2016). Literasi Sains Siswa SMP Kota Bandung pada Tema Pencemaran Lingkungan. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1.

Fua, J. L., Wekke, I. S., Sabara, Z., & Nurlila, R. U. (2018). Development of Environmental Care Attitude of Students through Religion Education Approach in Indonesia. Earth and Environmental Science.

Islami, R. A. Z. El, Nahadi, & Permanasari, A. (2016). Membangun Literasi Sains Siswa pada Konsep Asam Basa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 110–120.

Pravitasari, O. T., Widodo, W., & Purnomo, T. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Blog Berorientasi Literasi Sains pada Sub Materi Perpindahan Kalor. Jurnal Pendidikan.

Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131–146.

Rahmawati, N. (2018). Hubungan Antara Pengetahuan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VIII di SMPN 7 Metro Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, 2018.

Rusdi, A., Sipahutar, H., & Syarifuddin. (2017). Hubungan Kemampuan BErpikir Kreatif dan Sikap terhadap Sains dengan Literasi Sains pada Siswa Kelas XI IPA MAN. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 72–80.

Sujana, K., Hariyadi, S., & Purwanto, E. (2018). Hubungan Antara Sikap dengan Perilaku Peduli Lingkungan pada Mahasiswa. Jurnal Ecopsy, 5(2), 81–87.

Widyaningrum, R., & Wicaksono, A. G. (2018). Penanaman Sikap Peduli Lingkungan dan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Melalui Sosialisasi Program Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Adiwidya, 2(1), 73–81.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.5574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.