ANALISIS KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN AUDIO-VISUAL

Ummi Maslachatul Ummah, Yunin Hidayati, Nur Qomaria, Fatimatul Munawaroh

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan audio-visual terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa.  Penelitian menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest and Posttest. Sampel penelitian siswa kelas VII MTs “Syarif Hidayatulloh”. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji-t sampel berpasangan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan keaktifan setelah menggunakan model SAVI berbantuan audio-visual. (2) Ada perbedaan hasil belajar setelah menggunakan model SAVI berbantuan audio-visual

References


Hamdani, A. R., Suhartini, T., & Iskandar, D. (2016). Implementation Of Model Savi ( Somatic , Audiotory , Visualization , Intellectual ) To Increase Critical Thinking Ability In Class Iv Of Social Science Learning On Social Issues In The Local Environment. Journal of Education, Teaching and Learning, 1(Maret), 45–50.

Hartati, & Sismulyasih, N. (2017). Development of SAVI ( Somatic Auditory Visual and Intellectual ) Learning Model with Audiovisual to Increase Writing Skill of Elementary Student. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 118, 1083–1088.

Jauhariyah, M. N. R. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapanproblem Basedlearningdalam Perkuliahan Telaah Kurikulum Fisika Ii Pada Materi Fluida. Jurnal Pena Sains, 4(1).

Mirnawati, L. B., & Pribowo, F. S. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b).

Mujtahidin. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: CV. Salsabila Putra Pratama.

Nyoman, N., Samadhi, N., & Riastini, P. N. (2017). Pengaruh Pembelajaran Quantum Berbantuan Permainan Dalam pembelajaran Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education., 1, 228–237.

Paolini, A. (2015). Enhancing Teaching Effectiveness and Student Learning Outcomes. The Journal of Effective Teaching, 15(1), 20–33.

Park, H. (2013). Relationship between Motivation and Student ’ s Activity on Educational Game. International Journal Of Grid and Distributed Computing, 5(1), 101–114.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2).

Santoso, S. (2015). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Siregar, S. (2017). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Suardi. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Suratman, N. H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Savi (Somatis Auditori Visual Intelektual) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Kelas Iii Sd Negeri 1 Lebengjumuk Tahun 2015/ 2016. Artikel Publikasi Ilmiah.

Susanto, H. A. (2015). Improving Students’ Activity in Mathematic Communication Trough Metakognitive Learning Approach on Lesson Study. International Journal of Education and Research, 3(Februari), 169–180.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz media.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajardi SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v6i3.5573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.