PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK

Rossy Mursyidah, Laila Khamsatul Muharrami, Irsad Rosidi, Wiwin Puspita Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap keterampilan generik sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan quasi exsperimental design dengan teknik non equivalent control group  design. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Sukodadi Lamongan dengan populasi seluruh peserta didik kelas VII. Sampel yang digunakan 2 kelas yaitu kelas VII-E sebagai kelas kontrol dan kelas VII-F sebagai kelas eksperimen. Tes keterampilan generik sains yang digunakan berupa pilihan ganda berjumlah 25 soal. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan keterampilan generik sains peserta didik antara kelas eksperimen setelah implementasi model pembelajaran search, solve, create and share (SSCS) dan kelas kontrol dengan model konvensional, yang dibuktikan dengan uji t sampel bebas diperoleh signifikansi 0,000 kurang dari sama dengan 0,05 dan 2,007 kurang dari  5,014 sehingga H0 ditolak H1 diterima (2) keterampilan generik sains peserta didik berada pada kategori tinggi yaitu dengan nilai rata-rata 75,45.


References


Agustinaningsih, W., Sarwanto, & Suparmi. (2014). Pengembangan Instruksi Praktikum Berbasis Keterampilan Generik Sains Pada Pembelajaran Fisika Materi Teori Kinetik Gas Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Inkuiri, 3(I), 50–61.

Astuti, R., Sunarno, W., & Sudarisman, S. (2016). Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Proceeding Biologi Education Conference, 13(1), 339–345.

Chen, W.-H. (2013). Applying problem-based learning model and creative design to conic-sections teaching. International Journal of Education and Information Technologies, 7(3), 73–80. Retrieved from http://www.naun.org/main/NAUN/educationinformation/c012008-099.pdf

Ekapti, R. F. (2016). Respon Siswa dan Guru dalam Pembelajaran IPA Terpadu Konsep Tekanan Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Sains, 3, 2.

Febriyanti, D., Ilyas, S., & Nurmaliah, C. (2014). Peningkatan Keterampilan Generik Sains melalui Penerapan Model SSCS (Search, Solve, Create, and Share) Pada Materi Mengklasifikasikan Makhluk Hidup di MTsN Model Banda Aceh. Jurnal Biologi Edukasi Edisi 13, 6(2), 43–47.

Iswantini, W., & Purnomo, T. (2017). Validitas Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Inkuiri pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. BioEdu, 6(3).

Khabibah, E., Masykuri, M., & Maridi, M. (2017). The Analysis of Generic Science Skills of High School Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 158, 251–256. https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.48.

Kurniawati, L., & Fatimah, B. S. (2014). Problem Solving Learning Approach Using Search, Solve, Create and Share (SSCS) Model and The Student’s Mathematical Logical Thingking Skills. Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences, 18–20.

Kusdiwelirawan, A., Hartini, T. I., & Najihah, A. R. (2015). Perbandingan Peningkatan Keterampilan Generik Sains Antara Model Inquiry Based Learning dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 1(2).

Maulana K, A., & W Sofia, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 9–17.

Prabowo, L. B., Ngazizah, N., & Sriyono. (2016). Analisis Keterampilan Generik Sains Siswa SMA Negeri Kelas X Se-Kabupaten Purworejo dalam pembelajaran Fisika Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Radiasi, 8(1), 1–4.

Puji Astuti, S. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar fisika. Jurnal Formatif, 5(1), 68–75.

Ratnasari, A., & Maulidah, R. (2018). Pengaruh model Learning Cycle 7E terhadap Keterampilan Generik Sains pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 1 Balongan Indramayu. Mangifera Edu, 3(1), 0–13.

Rizal, H. P., & Danial, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pangkajene SIDRAP. Jurnal Bio Education, 5, 1.

Rosawati, E. E., & Dwiningsih, K. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Pada Materi Ikatan Kimia. Unesa Journal of Chemical Education, 5(2), 494–502.

Rosyida, F., Corebima, A. D., & Sulasmi, E. S. (2014). Pengaruh Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) Terhadap Motivasi, Hasil Belajar, Dan Retensi Siswa Kelas X Sma Malang Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal FMIPA Malang, 1(1), 1–9.

Santoso, E. B., & Djumadi. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share dan Predict Observe Explain Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Economica, 1(1). https://doi.org/10.22202/economica.2017.v6.i1.1941

Saregar, A., Irwandani, Abdurrahman, Parmin, Septiana, S., Diana, R., & Sagala, R. (2018). Temperature and Heat Learning Through SSCS Model with Scaffolding: Impact on Students Critical Thinking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 6(3), 39–54. https://doi.org/10.17478/jegys.2018.80

Selvianti, Ramdani, & Jusniar. (2013). Efektivitas Metode Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI IA 2 SMA Negeri 8 Makassar ( Studi Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam ). Jurnal Chemical, 14(1), 55–65.

Slavin, R. E. (2008). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Syahkubat, Y., Amin, S. M., & Sulaiman, R. (2017). Learning Device Problem Solving Search, Solve, Create, and Share (SSCS) On Social Arithmetic Material. International Conference on Education and Science (ICONS 2017), (Icons), 1016–1021.

Taofiq, M., Setiadi, D., & Hadiprayitno, G. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Generik Sains Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 4(2), 29–33.

Tazkiah, F. izza, Yamtinah, S., & Haryono. (2017). Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Terpadu Berbasis Model Inkuiri Terbimbing pada Tema Pemanasan Global untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMP Kelas VII di Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 6(2), 119–127.

Wahyuni, I., & Amdani, K. (2016). Influence Based Learning Program Scientific Learning Approach to Science Students Generic Skills. Jurnal Of Education and Practice, 7(32). https://doi.org/10.1007/s10854-018-9333-4

Wahyuni, S., Rahmad, M., & Nasir, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Keterampilan generik Sains Siswa kelas X SMAN 1 Tambusai Utara. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.5569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.