PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V DI SD AL-ISLAH SURABAYA

Ajeng Raja Azura, Nurul Kamariyah, Mohammad Taufiq

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran Discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah “Four-D” model. Sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pada uji coba 1 sebanyak 10 siswa dan uji coba 2 sebanyak 35 siswa, dengan dibagi menjadi dua kali uji coba yaitu uji coba 1 kelas eksperimen, uji coba 2 kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode keterlaksanaan RPP, metode tes pretest dan posttest, dan metode angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari uji anova diperoleh bahwa signifikan pada uji coba 1 sebesar 0,839 lebih dari 0,6319 (rtabel) dan signifikan pada uji coba 2 sebesar 0,946 lebih dari 0,3338 (rtabel). Artinya pada uji coba 1 diperoleh 0,839 lebih besar dibandingkan dengan syarat yaitu 0,6319. Pada uji coba 2 diperoleh 0,946 lebih besar dibandingkan dengan syarat yaitu 0,3338. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery learning layak digunakan untuk proses pembelajaran khususnya pada materi perubahan wujud benda sehingga hasil belajar siswa meningkat.

References


Aini, I M. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning (Dl) Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SD Negeri 2 Labuhan Ratu Bandarlampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi tidak dipublikasikan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Arikunto, S. (201)3. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dedonno, M. A. The Fluence of IQ On Pure Discovery and Guided Discovery Learning of a Complex Real-World Task. International Journal of Learning and Individual Diffirences. Vol: 49. Page: 11-16.

Dewi, S N. Jampel dan Sudarma. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus I Kecamatan Jembrana. e-Journal. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 3. No: 1.

Fathina, D. Regina L dan Julia. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas IV Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah. Sumedang: UPI. Vol: 1. No: 1.

Hamiyah, N dan Mohammad J. (2014). Strategi Belajar-Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Istikhomah, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran IPA di MI Nurul Huda II Dusun Gelintung Kabupaten Gresik. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No.65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017). Peristiwa Dalam Kehidupan: Buku Guru Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017). Peristiwa Dalam Kehidupan: Buku Siswa Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Long, L Y dan Hou, L R. (2009). Discovery and Learning of Models with Predictive State Representations for Dynamical Systems Without Riset. International journal of Knowledge Based Systems. Vol: 22. Page: 557-561.

Maghfiroh, U L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III di SDN Keboan Anom Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

Musyaaddad, K. (2013). Problematika Pendidikan Di Indonesia. Edu-Bio. Vol: 4.

Nuh, M. (2013). Menyemai Kreator Peradaban Renungan tentang Pendidikan, Agama, dan Budaya. Jakarta: Zaman.

Prastiwi, R P. (2014). Pengaruh Implementasi Guided Discovery Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Budi Wiyata Ii Kecamatan Magelang Utara. Skripsi tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Putra, N. (2012). Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Putrayasa, I M. H Syahruddin dan I Gede M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 2. No: 1.

Rahayu dan Nuryata. (2010). Pilar Pendidikan. Jakarta:Alfabeta

Saputra, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati. ISSN: 2302-1705. Bireuen: Universitas Almuslim. Vol: V. No: 2.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suwahono. (2012). Pengembangan Sistem Penilaian Keterampilan Generic Kimia. Disertasi. Yogyakarta: Progam Pascasarjana UNY.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif—Progresif. Jakarta: Kencana Prenada media group.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/ TKI). Jakarta: Kencana.

Tumurun, S W. Diah G dan Asep K J. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah. Sumedang: UPI. Vol: 1. No: 1.

Wisudawati, A W dan Sulistyowati E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.5187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.