PENGEMBANGAN LKS IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING

Laila Khamsatul Muharrami, Mochammad Ahied

Abstract


Tujuan penelitian pengembangan adalah mengembangkan LKS IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi zat aditif.  Jenis pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE  dengan sampel penelitian adalah 25 siswa kelas VIII C SMP N 1 Socah. Pengumpulan data melalui validasi ahli meliputi: ahli bahan ajar, ahli materi dan Guru IPA. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kelayakan bahan ajar dari hasil uji validitas sebesar 76,9% dinyatakan sangat layak digunakan tanpa revisi (valid) dan uji reliabilitas sebesar 94,3% dinyatakan baik, sedangkan rata-rata kelayakan materi dari hasil uji validitas sebesar 83,2% dinyatakan sangat layak digunakan tanpa revisi (valid) dan uji reliabilitas sebesar 94,98% dinyatakan baik. Berdasarkan hasil penelitian, LKS IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi zat aditif layak untuk digunakan.


References


Afriana, J., dkk. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol. 02 (No. 02), hal. 202-212.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: POT Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2011. MediaPembelajaran. Jakarta: PT Raja

BNSP. (2014). “Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014”, (Online), (http://bnsp-indonesia.org/, diakses 23 Desember 2017).

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Grafindo Persada. Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.

Borg, D. Walter, Joyce P. Gall & Meredith D. Gall. 2003. Educational Research An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc.

Fraenkel, Jack R., & Norman E.Wallen. 2008. How to Design and Evaluate Research in

Education. New York: The McGrow-Hill Companies, Inc.

Nurseto, T. 2011. Membuat MediaPembelajaran yang Menarik.Jurnal Ekonomi dan Pendidikan.

Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Prasowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Rais, M. (2010). Model Project Based-Learnig Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 43 (No. 03), hal. 246-252.

Rusdi. 2008. Lngkah-Langkah dalam Persiapan Lembar Kerja Siswa. Strategi Belajar mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Rosidi, I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated untuk Mengetahui ketuntasan Belajar IPA Siswa SMP Pada Topik Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pena Sainsprogram Studi Pendidikan IPA, FIP, Universitas Trunojoyo Madura. Vol 2, No. 1 ISSN: 2407-2311.

Sani, M., dkk. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin Listrik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 04 (No. 01), hal. 259-267.

Sadiman, A. S., Raharjo, danAnung Haryono, dan Rahardjito. 2011. Media Pendidikan: Pengertian,Pengembangan, danPemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhandana, Anggun. 2012. Belajar danPembelajaran BerbasisKomputer. Bandung: CV

Alfabeta.

Sukamto, H. 2009. Dasar –DasarPembuatan LKS yang Baik dan Benar sebagai Media

Pembelajaran. Jakarta: PT. Kencana.

Suparno. 2007. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Susilana, R. 2007. MediaPembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Suyanto, E. dan Sartinem. 2009.Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar

Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009, 20.

Tageh, Made, I., dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. 2010. Mendesain ModelPembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan, dan

implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)). Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Tseng, K.H., et all. (2013). Attitudes towards science, technology, engineering and mathematics (STEM) in a project-based learning (PjBL) environment. International Journal of Technology and Design Education, Vol. 23 (No. 01), hal. 87-102.

Wahyudi. (2012). Developing Chemistry’s Learning Media Based On Cooperative Approach Of Student Teams Achievement Division Type In Improving Process And Student Learning Outcomes Quality At SMA Negeri Marawola. Indonesian Journal of Science Education, Vol. 02 (No. 01), hal. 9-16.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.5104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.