PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS “VIRTUAL REALITY” PADA TEMA ENERGI

Yunin Hidayati, Wanda Ramansyah

Abstract


Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan tema energi adalah mata pelajaran yang wajib diikuti oleh siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar. Dalam mata pelajaran tema energi ini membahas tentang macam-macam energi. Dilihat dari karakter pembelajarannya maka materi dalam mata pelajaran ini banyak membahas tentang hafalan bentuk-bentuk energi. Permasalahan muncul karena belajar menggunakan papan tulis, buku dan poster dirasa kurang baik untuk proses pembelajaran siswa. Perlu media atau strategi inovatif untuk mempermudah proses pemahaman siswa. Virtual Reality (VR) akan menyelesaikan permasalahan ini dengan menyediakan materi energi yang disajikan melalui permainan. Dengan adanya Virtual Reality (VR) ini maka siswa akan lebih mudah dan cepat serta menyenangkan saat mereka menghafal tentang energi.


References


Aditia, M. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Salingtemas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Kelas X Di SMA Nadhatul Ulama Lemahabang Kabupaten Cirebon. Jurnal Scientiae Education Vol 2, No 2.

Astuti Y, & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 2 No 1.

Buchori, A & Setyawati, R.D. (2015). Development Learning Model of Charactereducation Through E-Comic In Elementary School. International Journal of Education and Research Vol. 3 No 9.

Budiarso, A.S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Hypnoteaching Untuk Memotivasi Siswa SMP Dalam Belajar IPA Pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Pena Sains Vol. 3 No 2.

Damayanti, D. (2013). Pengembangan Lembar Kerja (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. UMP ,Vol. 3 No 1.

Danaswari, R dkk. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Dalam Bentuk Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 9 Cirebon Pada Pokok Bahasan Ekosistem. Jurnal Scientiae Educatia Vol. 2 No 2.

Febriandika, dkk. (2016). Pengembangan Modul IPA Dengan Teknik Komik Disertai Kartu Soal Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol. 4 No 4.

Ifdhal, dkk. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Gedung (IBG) Kelas X SMK Negeri 5 Padang. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 1 No.3.

Indriati. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Cahaya Melalui Pembelajaran Science-Edutainment Berbantuan Media Animasi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 2 No 1. Journal of Natural Science Education Reseach, Vol. 1 No. 1 57

Muldayanti, N.D. (2013). Pembelajaran Biologi Model Stad Dan Tgt Ditinjau Dari Keingintahuan Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 2 No 1.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Riduwan & Sunarto. (2014). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rosidi, I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Integrated Untuk Mengetahui Ketuntasan Belajar IPA Siswa SMP Pada Topik Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pena Sains Vol. 2 No 1.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistika. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanti, K. dkk. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Disertai Komik Fisika Pada Pembelajaran Pokok Bahasan Tekanan Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol. 5 No 3.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pmbelajaran Di Sekolah Dasar Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Utariyanti, I dkk. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Dalam Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Kelas VIII Mts. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia Vol. 1 No 3.

Wardani, T. (2012). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Sosiologi Pada Pokok Bahasan Masyarakat Multikultural. Jurnal Komunitas Vol. 4 No2.

Widoyoko, E. P. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wisudawati, A. S & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.5103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.