PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KOMIK ”THE LIGHT OF LIFE”
Abstract
Bahan ajar berbasis komik “The Light of Life” merupakan salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran. Bahan ajar berbasis komik “The Light of Life” disajikan berbentuk alur cerita yang didukung dengan gambar dan mencerminkan berbagai peristiwa. Penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis komik “The Light of Life”. Jenis pengembangan menggunakan model pengembangan 4D (Four D Models) dengan sampel penelitian adalah 26 siswa kelas VIII B SMP N 3 Kamal. Pengumpulan data melalui validasi ahli meliputi: ahli bahan ajar, ahli materi dan Guru IPA. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kelayakan bahan ajar dari hasil uji validitas sebesar 76,65% dinyatakan sangat layak digunakan tanpa revisi (valid) dan uji reliabilitas sebesar 91,15% dinyatakan baik, sedangkan rata-rata kelayakan materi dari hasil uji validitas sebesar 77,45% dinyatakan sangat layak digunakan tanpa revisi (valid) dan uji reliabilitas sebesar 91,35% dinyatakan baik. Penelitian ini memiliki implikasi bahwa guru harus tepat dalam memilih media pembelajaran sehingga dapat digunakan oleh siswa untuk mempermudah memahami materi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aditia, M. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Salingtemas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Kelas X Di SMA Nadhatul Ulama Lemahabang Kabupaten Cirebon. Jurnal Scientiae Education Vol 2, No 2.
Astuti Y, & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 2 No 1.
Buchori, A & Setyawati, R.D. (2015). Development Learning Model of Charactereducation Through E-Comic In Elementary School. International Journal of Education and Research Vol. 3 No 9.
Budiarso, A.S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Hypnoteaching Untuk Memotivasi Siswa SMP Dalam Belajar IPA Pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Pena Sains Vol. 3 No 2.
Damayanti, D. (2013). Pengembangan Lembar Kerja (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. UMP ,Vol. 3 No 1.
Danaswari, R dkk. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Dalam Bentuk Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 9 Cirebon Pada Pokok Bahasan Ekosistem. Jurnal Scientiae Educatia Vol. 2 No 2.
Febriandika, dkk. (2016). Pengembangan Modul IPA Dengan Teknik Komik Disertai Kartu Soal Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol. 4 No 4.
Ifdhal, dkk. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Gedung (IBG) Kelas X SMK Negeri 5 Padang. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 1 No.3.
Indriati. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Cahaya Melalui Pembelajaran Science-Edutainment Berbantuan Media Animasi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 2 No 1.
Muldayanti, N.D. (2013). Pembelajaran Biologi Model Stad Dan Tgt Ditinjau Dari Keingintahuan Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 2 No 1.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Riduwan & Sunarto. (2014). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Rosidi, I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Integrated Untuk Mengetahui Ketuntasan Belajar IPA Siswa SMP Pada Topik Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pena Sains Vol. 2 No 1.
Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistika. Jakarta: Rajawali Pers.
Susanti, K. dkk. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Disertai Komik Fisika Pada Pembelajaran Pokok Bahasan Tekanan Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol. 5 No 3.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pmbelajaran Di Sekolah Dasar Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Utariyanti, I dkk. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Dalam Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Kelas VIII Mts. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia Vol. 1 No 3.
Wardani, T. (2012). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Sosiologi Pada Pokok Bahasan Masyarakat Multikultural. Jurnal Komunitas Vol. 4 No2.
Widoyoko, E. P. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wisudawati, A. S & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4290
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.