PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) MELALUI METODE PQRST TERHADAP MINAT BACA SISWA

Imanis Sulfa, Yunin Hidayati, Wiwin Puspita Hadi, Ana Yuniasti Retno Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, minat baca siswa, keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa setelah penggunaan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) melaui metode PQRST pada materi Pemanasan Global. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Bangkalan. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII E sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII F sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t sampel bebas dengan bantuan SPSS versi 18. Hasil pengujian hipotesis minat baca siswa diperoleh nilai ttabel kurang dari sama dengan  thitung (2,00247 kurang dari sama dengan 2,479) dengan nilai signifikansi 0,016 kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Minat baca siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata pada kelas ekperimen sebesar 76,67 dan 69,34 pada kelas kontrol.


References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Renika Cipta.

Ekapti, R. (2016). Respon Siswa dan Guru dalam Pembelajaran IPA Terpadu Konsep Tekanan Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Sains, Vol.3,(2). Jurnal Pena Sains, 7-10.

Gupta, M. (2014). Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC): impact on reading comprehension achievement in english among seventh graders. Impact Journals, 8-13.

Hidayah, N. (2014). Penerapan Metode PQRST untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 1-5.

Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marnita. (2013). Peningkatan keterampilan proses sains melalui pembelajaran kontekstual pada mahasiswa semester I materi dinamika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 43-52.

Putra, Z. (2014). Analisis Kualitas Layanan Website BTKP-DIY Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jarkom, 1-11.

Riduwan. (2013). Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rohman, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Metabolisme dan Respon Peserta Didik Kelas XII IPA-7 SMA Negeri 1 Sampang Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pena Sains, 8-13.

sandiyani, L. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Berbantuan Cerita Pendek Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. e-Journal PGSD, 5-10.

Subawa, G. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Summarize, and Test (PQRST) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Banjur Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016. e_Journal PGSD, 11-15.

Sudijono. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. (2012). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Wisudawati, A. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yastusi, T. (2012). Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Dengan Metode PQRST Pada Siswa Kelas VIII Pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Semarang. Jurnal Media Penelitian Pendidikan, 7-10.

Yudasmini, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Memahami Bacaan pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Gugus Buruan. e-Journal Pasca Sarjana, 4-7.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.