IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING)

Siti Zulaikah, Yunin Hidayati, Wiwin Puspita Hadi, Laila Khamsatul Muharrami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) terhadap kemampuan berpikir kreatif. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Arosbaya pada bulan April hingga Mei 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Hasil Kemampuan berpikir kreatif siswa kelompok eksperimen (rata-rata = 73,00) lebih tinggi dari kelompok kontrol (rata-rata = 50,22) dan setelah dilakukan uji-t diperoleh nilai     -thitung kurang dari sama dengan ttabel kurang dari sama dengan +thitung (-7,599 kurang dari sama dengan 2,021 kurang dari sama dengan 7,599) atau thitung lebih dari ttabel. Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 yang menyatakan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Kata Kunci: Berpikir kreatif, Creative Problem Solving.

References


Azwar, S. (2015). Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ekapti, R. (2016). Respon Siswa dan Guru dalam Pembelajaran IPA Terpadu Konsep Tekanan Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Sains.

Firdaus, d. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open Ended pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan.

Mubarikoh, P. d. (2014). Berpikir Kreatif Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berdasar Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Sidoarjo.

Munawaroh, F. (2014). Pembeljaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Instrumentasi Laboratorium untuk Meningkatkan Kreativitas dalam Pembuatan Alat Peraga IPA yang Inovatif . Jurnal Pena Sains.

Pratiwi, d. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Reasoning Berbasis Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran IPA. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Radif, d. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri dan Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kemampuan Berpikir Kreatif Mata Pelajaran Mekanika Teknik Siswa Kelas X SMK. Jurnal Teknik Mesin.

Rose, C. d. (2015). Revolusi Belajar Accelerated Learning for the 21st Century. Bandung: Nuansa Cendekia.

Siswadi, I. d. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Grafis Trehadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Digonegoro Denpasar Barat Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Totiana, d. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) yang dilengkapi Mediia Pembelajaran Laboratorium Virtual Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Koloid Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK).

Woolfolk, A. (2009). Educational Psychologi Active Learning Edition Edisi Kesepuluh Bagian Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zulyadaini. (2017). Effect of Creative Problem Solving Learning Model on Mathematical Problem Solving Skills of Senior High School Students. IQSR Journal of Research & Method in Education (IQSR-JRME) .




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v6i2.4251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.