PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Rizqiyatul Mustamiroh, Yunin Hidayati, Wiwin Puspita Hadi, Laila Khamsatul Muharrami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbasis Open Ended terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental design dengan nonequivalent control group design dan dilaksanakan di MTs. Masyhudiyah Kebomas Gresik dengan populasi semua kelas VII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling dengan sampel yang diteliti dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen.Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbasis Open Ended  terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan hasil signifikansi 0,002 kurang dari 0,050 dan Zhitung kurang dari Ztabel (-3,147 kurang dari -1,96 ) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan keterampilan berpikir kritis siswa sangat rendah dengan rata-rata ketuntasan indikator posttest kelas eksperimen sebesar 44,29%.


References


Al-Tabany, T. I. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Amri, S. (2015). Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Azwar, S. (2017). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Detagory, W. N., Hanurawan, F., & Mahanal, S. (2017). Peran Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SD. Prosiding Jurnal Universitas Negeri Malang: Transformasi Pendidikan Abad 21 , 6 (46), 926.

Fakhriyah, f., Sumaji, & Roysa, M. (2016). Pengaruh Model Problem Based Instruction dalan Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSIJANG , 2 (1), 76-78.

Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irawan, A., & Surya, E. (2017). Aplication of the Open Ended Approach to Mathematics Learning in the Sub-subject of Rectangular. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) , 33 (3), 273.

Khuluqo, I. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Krisiandi. (2016). Kompas Nasional. Dipetik 19 Oktober 2017, dari Kompas.com: http://nasional.kompas.com /read/2016/12/15/23091361/daya.imajinasi.siswa.lemah.

Mergendoler, J. R., Maxwell, N. L., & Bellisimo, Y. (2006). The Effectiveness of Problem-Based Instruction: A Comparative Study of instructional Methods and student Characteristics. Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning , 1 (2), 52-53.

Mustaming, A., Cholik, M., & Nurlaela, L. (2015). Mustaming, A., dkk. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan praktek , 3 (1), 89-92.

Normaya, K. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendiidikan Matematika , 3 (1), 96.

Prameswari, R., & Suyanto, T. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 pada Mata Pelajaran PPKN di SMA Kartika IV-3 Surbaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan , 5 (1), 303.

Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Volume 2, Nomor 2. , 2 (2), 133.

Rahmatika, R. ( 2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Scientific pada Materi Sistem Ekskresi untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pena Sains , 3 (2), 105.

Setiawan, J., & Royani, M. (2013). Kemampuan Berpikir kritis siswa SMP dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Metode Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika , 1 (1), 5.

Taufik, A. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open Ended dan Problem Posing dengan Media Pohon Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar. Jurnal pendidikan Matematika , 1 (2), 155.

Warsono, & Hariyanto. (2012). Pembelajran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widana, M., Suhandana, A., & Atmadja, B. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berorientasi Pemecahan Masalah Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kintamani. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa , 4, 9.

Yunarti, T. (2016). Metode Socrates dalam Pembelajaran Berpikir Kritis Aplikasi dalam Matematika. Yogyakarta: Media Akademi.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.