PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUSAN LOUCKS HORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Model pembelajaran Susan Loucks Horsley merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan 5 domain taksonomi IPA oleh McCormack dan Yager, yaitu domain pengetahuan, keterampilan proses, kreativitas, menghubungkan, dan mengaplikasikan. Lima domain tersebut dapat diterapkan ke dalam beberapa sintaks model pembelajaran Susan Loucks Horleyuntuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa.Misalkan pada domain mengaplikasian dan menghubungkan, hal tersebut dapat melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya ketika sedang mencari informasi melalui kegiatan ilmiah. Penelitian menggunakan metode pre eksperimen dengan desain One-Group Pretest Posttest Desain dan dilaksanakan di SMPN 1 Pamekasan dengan populasi semua siswa kelas VIII pada pokok bahasan bunyi, getaran gelombang, sistem pendengaran manusia, dan sistem sonar. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak satu kelas. Pengumpulan data yaitu menggunakan tes untuk kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran Susan Loucks horsley terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan signifikansi sebesar 0,000, sedangkan –thitung kurang dari sama dengan ttabel kurang dari sama dengan thitungyaitu -39,048 kurang dari 2,045 kurang dari 39,048 (2) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Susan Loucks Horsley, yaitu 0,75 berdasarkan uji N-Gain Score dengan kategori tinggi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adilah, D ., & Pujayanto. (2015). Eksperimen Blanded Learning dan Learning Cycle 7Epada Sub tema Pengelolaan Sampah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 6 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 5(1), Hal. 42-49.
Fuad, N. M., Siti, Z., Susriyati, M., & Endang, S., (2017). Improving Junior high Schools’ Critical Thiniking Skills Based on Test Three Different Models of Learning. International Journal of Instruction, 10(1), Hal. 101-116.
Herpratiwi. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Irianti, R., & Heru, N., (2016). Pengembangan SSP Model SLH untuk Menumbuhkembangkan Keterampilan Proses Sains dan Karakter Peduli Lingkungan siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2(1), Hal. 122-133.
Liliawati, W, dkk.,(2016). Susan Loucks-Horsley Learning Model in Light Pollution Theme. Journal of Physics. 1(6), Hal. 1-7.
Lukum, A.,(2015). Evaluasi Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 19(1), Hal. 25-37.
Mahmuzah, R.,(2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang. 4(1), Hal. 64-72.
Muiz, A, dkk.,(2016). Implementasi Model Susan Loucks-Horsley terhadap Communication and Collaboration Peserta Didik SMP. UNNES Science Education Journal. 5(1), Hal. 1079-1084.
Nasrun. (2014). Contextual Learning Approach in Improving Critical Thinking Skilss of Guidance and Counseling Students of State University of Medan. International Journal of Science. 18(1), Hal. 151-161.
Normaya dan Karim.,(2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematikan dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), Hal. 92-104.
Nugraha, A.J, dkk.,(2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education. 6 (1), Hal. 35-42.
Nurhayati, A. D, dkk.,(2017). Developing a Science Learning Devices Based on susan Loucks-Horsley Model to Improve Sciencetific Literacy and Communication and Collaboration Skills. International Journal of Science. 36(4), Hal. 175.
Rusmana, I. M.,(2014). Efektivitas Penggunaan Pendekatan Slim-N-Bil terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Formatif. 4(3), Hal. 208-218.
Setyaningsih, D. E. N., dan Astuti Wijayanti. (2018). The Developing of Simple Props Based on Guided Inquiry to Improve student’s Critical thinking skill’s. Jurnal Pena Sains. 5(1), Hal 1-10.
Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sundayana, R.,(2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tawil, M dan Liliasari. (2013). Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit Universitas Makassar.
Wahyudi. (2012). Developing Chemistry’s Learning Media Based on Cooperative Approach of Student Teams Achievement Division Type in Improving Process and Student Learning Outcomes Quality at SMA Negeri Marawola. Indonesian Journal of Science Education. 2(1), Hal. 9-19.
Wulandari, A. Y. R., & Nurhayati, (2018). The Relationship Between Verbal Ability and Critical thinking Skill: The Implementation of Susan Loucks Horsley Learning Model. Jurnal ilmiah Pendidikan Fisika al-BiRuNi. 07(1), Hal. 89-97.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4217
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.