Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap Self Esteem Siswa

Intan Naumi Putri, Mochmaad Ahied, Irsad Rosidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap self esteem siswa. Penelitian dilaksanakan di MTs Al Muttaqun Kediri tahun ajaran 2017/2018, kelas 8A sebagai kelas eksperimen dan kelas 8C sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Exsperimental. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; (1) adanya pengaruh yang signifikan pada self esteem siswa antara siswa yang diberi model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dan siswa yang diberi pembelajaran secara konvensioanl, hal ini dibuktikan ttabel kurang dari thitung (2,008 kurang dari 5,614) (2) Kualitas self esteem siswa normal dengan rata-rata posttest kelas eksprimen 68%

References


Aryawan, I.K.B.M., I Wayan L. dan Made Y. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Gugus XIII Kecamatan Buleleng. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. Volume 4.

Bangun, N. 2012. Pengaruh Budgetary Perticipation, Information Asymmetry, Budget Emphasis, dan Self esteem terhadap Budgetary Slack. Jurnal Akuntansi. Volume 12, Nomor 1.

Ekapti, R., F. 2016. Respon Siswa dan Guru dalam Pembelajaran IPA Terpadu Konsep Tekanan Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Sains. Volume 3, Nomor 2.

Happy, N dan Djamilah B.W. 2014. Keefektifan PBL ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 1, Nomor 1.

Irawati, N., dan Nurahma H. 2012. Hubungan Antara Harga Diri (Self esteem) dengan Prestasi Belajar. Jurnal Econo Sains. Volume 10, Nomor 2.

Isnaningsih dan D.S Bimo. 2013. Penerapan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Discovery Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Volume 2, Nomor 2.

Nugraha, I.G.N.W., Wayan L., dan Nyoman T. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Kovariabel Motivasi Belajar dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V SD Cerdas Mandiri. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. Volume 4.

Riduwan dan Sunarto. 2013. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sari, R.Y, Netriwati, dan Fraulein I.S. 2017. Pengaruh Model Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) terhadap Kemampuan Berpikir Matematis berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Volune 1, Nomor 1.

Sayekti, I. C, Sarwanto, dan Suparmi. 2012. Pembelajaran IPA menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi ditinjau dari Kemampuan Analisis dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Inkuiri. Volume 1, Nomor 2.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhron, M. 2017. Asuhan Keperawatan Jiwa Konsep Self esteem. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sylvia, R. 2016. Hubungan Self esteem Dan Motivasi Belajar terhadap Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 7, Nomor 2.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wisudawati, A. W. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Yazdi, M. 2012. E-Learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek. Volume 2, Nomor 1.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.4216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.