PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH YANG BERBASIS SETS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan SETS dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir siswa. Penelitian menggunakan metode Quasi experimental group control design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Socah Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan dengan populasi semua siswa kelas VII dan sampel yang digunakan penelitian yaitu kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan VII-B sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji nonparametris yaitu uji mann whitney. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) Penggunaan pendekatan SETS dengan model pembelajaran berbasis masalah dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa yang dapat dibuktikan dengan hasil uji mann whitney diperoleh Ztabel lebih dari sama dengan Zhitung yaitu 1,96 lebih dari sama dengan -2,872, (2) Hasil tes kemampuan berpikir kritis pada ketuntasan individual sebanyak 8 siswa tuntas, ketuntasan indikator sebesar 57,3 % dan ketuntasan klasikal sebesar 25%, (3) Hasil N-gain scor sebesar 0,36 kriteria sedang.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amri, S. (2015). Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Budiningsih, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Duran, M. (2016). The Effect of the Inquiry-Based Learning Approach on Student’s Critical-Thinking Skills. Euarasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. Vol 12. No 12. ISSN: 1305-8233.
Ekapti, R. F. (2016). Respon Siswa Dan Guru Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Konsep Tekanan Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Sains Vol 3. No 2. ISSN:2407-2311.
Faizah, M. dan Haryani. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Softskill dan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 2. No 2. Hlm 120-128.
Fakhiyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 3. No 1 hlm 95-101.
Firdaus, I. K., Md. Nor Bin Bakar, Bakry. (2015). Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning. Journal Of Education and Learning. Vol.9 (3) pp. Hlm 226-236
Giyantono, R.A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Diklat Las Kelas X TPM SMK Taman Siswa Surabaya. JPTM Vol 2 No 1.
Kartimi dan Liliasari. (2012). Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis pada Konsep Termokimia untuk Siswa SMA Peringkat Atas dan Menengah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 1. No 1 hlm 21-26.
Karuniawati, U. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik dengan Model Pembelajaran Koorperatif STAD untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol 5 No 2.
Khasanah, N. (2015). SETS (Science, Enviromental, Technology and Society) sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Modern pada Kurikulum 2013. Semarang: UIN
Rahayu, P., Mulyani dan Miswardi. (2012). Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 1. No 1 hlm 63-70.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Simbolon, E. R. dan Fransisca. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berpikir Kritis Siswa SMP. Edusains Vol VII. No 1 hlm 97-104.
Siregar, S. (2015). Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wisudawati, AW dan Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Yulistiana. (2015). Penelitian Pembelajaran Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dalam Pendidikan Sains. Jurnal Formatif Vol 5, No 1 hlm 76-82 ISSN: 2088-351x.
Yunarti, T. (2016). Metode Socrates dalam Pembelajaran Berpikir Kritis Aplikasi dalam Matematika. Yogyakarta: Media Akademi.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4199
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.