PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA SMP NEGERI 3 BANGKALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTORIAL RIDDLE DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan analisis siswa SMP Negeri 3 Bangkalan dengan menggunakan metode Pictorial Riddle dalam pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian menggunakan desain quasi-eksperimen dengan teknik The Nonequivalent Control Group Design dan dilaksanakan di SMPN 3 Bangkalan dengan populasi semua siswa kelas VII pada materi Pencemaran Lingkungan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes untuk kemampuan analisis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: kemampuan analisis siswa di SMP Negeri 3 Bangkalan pada kelas eksperimen mendapatkan nilai lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol setelah menggunakan metode pictorial riddle memperolehan nilai postest sebesar 77,69 dan 68,14; hasil perolehan rata-rata persentase posttest tiap indikator kemampuan analisis untuk kelas kontrol sebesar 69,3% dan untuk kelas eksperimen sebesar 76%.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achmad, P. (2016). Pengaruh Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Analisis Siswa Kelas IV SD Se-gugus Boden Powell Gebang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 19(5): 1861-1869.
Amalia, R. (2016). Kemampuan Berpikir Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2): 118-125.
Cabanilla. (2010). Improving Analyzing Skills Of Primary Students Using A Problem Solving Strategy. Journal of Science and Mathematics Education in S.E ASIA, 27(1): 33-51.
Dawati, N. (2015). Perbedaan Kemampuan Berpikir Analitis Pada Model Problem Based Learning disertai Mind Map dengan Kelas Konvensioanl pada Siswa Kelas X IPA SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi. 7(2): 102-113.
Ekapti, F. (2016). Respon Siswa dan Guru dalam Pembelajaran IPA Terpadu Konsep Tekanan melalui Problem Base Learning. Jurnal Pena Sains, 3(2): 109-115.
Fathurrohman, M. (2015). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF, Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gultom, dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Pictorial Riddle dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 17 Medan T.P 2015/2016.Jurnal Inpati, 4(3): 118-127.
Ilma. (2017). Profil Berpikir Analitis Masalah Aljabar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Veraliser. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(1): 1-14.
Kuswana, W. (2014). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mahmudah, L. (2014). Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Pictorial Riddle dan Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Analisis. Jurnal Inkuiri, 3(II): 48-59.
Mulyasa. (2016). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Novita. (2014). Perbandingan Kemampuan Analisis Siswa melalui Penerapan Model Cooperative learning dengan Guided Discovery Learning. Prosiding Biology Education Conference, 13(1): 359-367.
Purbaningrum, K. A. (2017). Pengembangan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. JPPM, 10(2): 40-49.
Putri. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Gided Inquiry) dengan menggunakan Metode Eksperimen terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA-Biologi Siswa Kelas VIII. Jurnal Pancaran, 4(2): 163-172.
Rusmania, N. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Asli dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas II SDN Kalicipung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(IV):1-9.
Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian Dan Pengembangan Edisi Keempat. Jakarta: Prenadamedia Group.
Winarti. (2015). Profil Kemampuan Berpikir Analisis dan Evaluasi Mahasiswa dalam Mengerjakan Soal Konsep Kalor. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1): 19-24.
Wulandari. (2014). Kemampuan Analisis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Kalor Tipe Grafik. Prosiding SEMNAS Entrepeneurship, 158-165.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.